Rumah BOBOCA – Melindungi Pesisir dan Meningkatkan Perekonomian Masyarakat

YAPEKA salah satu NGO di Indonesia melakukan program pengelolaan pesisir berbasis masyarakat di Desa Bulutui dan Desa Gangga Satu, Kecamatan Likupang Barat, Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi utara. Program ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya nelayan gurita melalui pengelolaan perikanan gurita berbasis masyarakat yang lestari.

Kegiatan-kegiatan yang dilakukan yapeka diantaranya adalah pendataan tangkapan harian nelayan-nelayan gurita, pendampingan kepada pengumpul dan nelayan gurita, pertemuan rutin bulanan, survey ekologi, survey KAP, sosialisasi ke anak-anak sekolah dasar, ibu-ibu dan nelayan lain, pertemuan level desa, stakeholder meeting dan berbagai bentuk sosialisasi kegiatan dalam bentuk poster, kaos atau kalender. Program ini telah berlangsung sejak 2017 dan masih akan terus berjalan. Dengan program ini YAPEKA berharap dapat membantu masyarakat mengelola perikanan guritanya secara mandiri, meningkatkan kapasitas masyarakat mengola produk olahan dari gurita, mengedukasi masyarakat tentang pentingnya perlindungan terumbu karang sebagai habitat gurita dan meningkatkan perekonomian nelayan gurita. Salah satu kegiatan utama program ini adalah RUMAH BOBOCA

Bagaimana cerita lengkapnya tentang rumah boboca atau gurita yang dapat menghasilkan pemasukan sampai dengan 60 JUTA perbulan ini, saksikan di channel youtube berikut ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *