Kompilasi Ganasnya Letusan Gunung Merapi

Gunung Merapi merupakan salah satu gunung berapi paling aktif di Indonesia. Riwayatnya kerap dikait-kaitkan dengan cerita rakyat atau mitologi Jawa yang bahkan masih dipercaya oleh sebagian orang hingga saat ini. Kendati begitu, sejarah Gunung Merapi sebenarnya bukan hanya sekadar legenda. Lereng selatan Gunung Merapi termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sedangkan lereng lainnya merupakan bagian dari wilayah Provinsi Jawa Tengah, yaitu Magelang (sisi barat), Boyolali (utara dan timur), serta Klaten (tenggara).

Merapi diketahui telah berkali-kali meletus bahkan hingga saat ini. Erupsi besar di era modern terjadi pada 2010 lalu. Pada pertengahan 2018 dan 2020 juga mengalami erupsi yang cukup besar. Meskipun sering meletus, Gunung Merapi dianggap sebagai bagian dari hidup warga masyarakat. Kedekatan itu berwujud antara lain dengan menyebut ”penguasa” Gunung Merapi sebagai Mbah Petruk. Sebutan ”mbah” di sini dipakai karena Gunung Merapi dianggap sebagai kakek, nenek moyang, yang telah mengasuh dan menghidupi mereka selama puluhan tahun.

”Para petani rela tanaman rusak dan ternak mati akibat abu dan awan panas, rela mengungsi berhari-hari bahkan berbulan-bulan. Tetapi, dalam hati muncul keyakinan kesuburan akan datang. Itulah doa pengharapan,” kata Romo Kirdjito. Karena itu, ikatan masyarakat lereng Merapi dengan Gunung Merapi akan tetap hidup. Masyarakat setempat akan memaknai kembali setiap perubahan Merapi demi menjaga keberadaan mereka di lereng Merapi… dan mereka yakin MERAPI TAK PERNAH INGKAR JANJI!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *