Kura-kura langka paling terancam punah di dunia yang ada di Indonesia.

Kura-kura adalah satwa unik yang hidup dan berkembang sejak zaman purba, kurang lebih sejaman dengan dinosaurus. Didunia kurang lebih terdapat 260 jenis kura-kura, 45 diantaranya ada di Indonesia. Kura-kura hidup di berbagai tempat, mulai daerah gurun, padang rumput, hutan, rawa, sungai dan laut. Reptil ini sangat mudah dikenali karena mempunyai rumah atau batok yang melindungi tubuhnya. Bagian atas yang menutupi punggungnya biasa disebut karapas dan bagian bawahnya disebut plastron.

Kura-kura masih banyak dikonsumsi oleh masyarakat.

Kura-kura secara tradisional merupakan hewan yang akrab dengan manusia. Sebagai contoh, mitologi Hindu menyebutkan bahwa bumi ini disangga oleh empat ekor kura-kura. Sayangnya kedekatan kura-kura dengan manusia ini, pada sisi yang lain juga menyebabkan populasi kura-kura ini semakin menurun. Daging kura-kura telah sejak lama dikenal sebagai salah satu bahan makanan, kemudian dijadikan bahan obat tradisional, sisiknya yang indah juga dijadikan sebagai bahan perhiasan, bahkan ditangkap untuk diperdagangkan sebagai hewan peliharaan. Demikian pula nasib telur-telurnya, banyak yang akhirnya menjadi santapan manusia.

Tekanan yang tinggi dan terus-menerus ini, telah menurunkan banyak populasi kura-kura ke tingkat yang sangat mengkhawatirkan. Apalagi kebanyakan habitat alaminya di sungai-sungai, rawa dan hutan juga telah turut rusak akibat aktivitas manusia. Dari 45 jenis kura-kura yang hidup di Indonesia enam jenis diantaranya merupakan jenis kura-kura paling terancam punah didunia. Kura-kura apa saja? Tonton sampai selesai video ini:

Bagaimana?? cantik dan unik kan kura-kura kita? Mari lestarikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *