6 Sedotan Pengganti Sedotan Plastik

6 Sedotan Pengganti Sedotan Plastik

4. Sedotan Kaca

sedotan kaca ramah lingkungan

Pengganti sedotan plastik berikutnya adalah sedotan berbahan kaca. Sedotan ini bersifat reusable, kita dapat menggunakannya berkali-kali, mudah pula didaur ulang kembali. Sifatnya yang transparan membuat kita bisa melihat kondisinya kotor atau bersih. Kekurangan sedotan kaca adalah rawan pecah, sehingga kita harus benar-benar hati-hati pada saat membawanya. Sedotan kaca juga tidak akan mengubah cita rasa asli dari minuman, sehingga sedotan ini layak dipertimbangkan jika kita mengutamakan rasa.

5. Sedotan Silikon

Sedotan silikon unik dan ramah lingkungan

Untuk minuman yang lebih kental dan mengandung topping, seperti smoothie dan bubble tea, sedotan silikon menjadi alternatif yang tepat. Dengan ukuran yang cukup besar dan kemampuan mempertahankan suhu, minuman bisa tetap tersaji dan dinikmati dalam keadaan panas atau dingin. Sedotan ini juga dapat digunakan berkali-kali dan cukup mudah untuk membersihkannya. Warnanya yang dapat dibuat sangat beragam menjadi daya tarik sedotan ini. Sedotan silikon juga sangat fleksibel sehingga tidak mudah rusak karena tekanan ataupun benturan.

6. Sedotan kue/ makanan

sedotan kue, enak dan ramah lingkungan

Yang terakhir adalah sedotan kue atau sedotan berbahan makanan. Saat ini sudah banyak digunakan di kafe-kafe kekinian, kita mungkin sangat familiar dengan sedotan ini. Jenisnya bermacam-macam, namun pada umumnya sedotan kue yang paling sering dijumpai di Indonesia biasanya adalah astor. Meskipun mudah meleleh, pengganti sedotan semacam ini dinilai cukup efektif. Tidak ada lagi alasan kita akan membuang sedotan (kue) sembarangan, cukup buang saja diperut. Ramah lingkungan sekaligus kenyang ya.

Itulah beberapa sedotan yang dapat menjadi pengganti sedotan plastik. Ingat ya, mulai sekarang sebaiknya hindari menggunakan sedotan plastik demi perbaikan bumi kita. Ayo mulai dari dirisendiri, dan mulai sekarang juga.  Tak hanya sekadar ramah lingkungan, tantangan kita sebenarnya adalah menciptakan produk-produk yang ramah lingkungan, salah satunya adalah sedotan.

Baca juga:
Sampah Dan Cara Menanggulanginya
Dampak Konversi Hutan Terhadap Satwa
Nasib Hutan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *