Makanan Tradisional Khas Sumatera Yang Mendunia

Makanan Tradisional Khas Sumatera Yang Mendunia

Tahukah kalau Sumatera merupakan salah satau pulau terbesar di dunia? Ya, bagi yang belum tahu, Pulau dibagian barat Indonesia ini merupakan pulau terbesar ke-6 di dunia. Pulau ini memiliki luas 473.481 km². Asal nama Sumatera berawal dari keberadaaan Kerajaan Samudera. Diawali dengan kunjungan Ibnu Batutah, petualang asal Maroko ke negeri tersebut pada tahun 1345, dia melafalkan kata Samudera menjadi Samatrah, dan kemudian menjadi Sumatra, selanjutnya nama ini tercantum dalam peta-peta abad ke-16 buatan Portugis, untuk dirujuk pada pulau ini, sehingga kemudian dikenal meluas sampai sekarang.

pulau sumatera indonesia

Secara umum, pulau Sumatera didiami oleh bangsa Melayu, yang terbagi ke dalam beberapa suku. Suku-suku besar di Sumatera diantaranya Aceh, Batak, Melayu, Minangkabau, Besemah, Rejang, Ogan, Komering, dan Lampung. Di wilayah pesisir timur Sumatra dan di beberapa kota-kota besar seperti Medan, Batam, Palembang, Pekanbaru, dan Bandar Lampung, banyak bermukim etnis Tionghoa dan India. Keragaman di yang ada di pulau ini juga menghadirkan kekhasan pada berbagai kesehariannya, termasuk didalamnya keragaman kulinernya. Sumatera memiliki beragam makanan khas dan citarasa yang kuat dari rempah-rempah yang digunakan membuat makanan dari pulau ini sangat terkenal baik di Indonesia bahkan beberapa diantaranya mendunia.

Apa saja makanan dari Sumatera yang paling terkenal? Mari kita lihat lima (5) daftar makanan dari Sumatera yang paling terkenal dan tentu saja paling enak:

1. Bika Ambon

Bika Ambon makanan Khas Sumatera Utara

Kok Ambon?? Jangan sampai masih ada pertanyaan ini ya. Masak masih belum tahu kalau Bika Ambon bukan dari Ambon melainkan dari Sumatera. Benar, makanan yang satu ini merupakan makanan tradisional khas Sumatera Utara, khususnya Medan. Makanan khas yang satu ini sangat terkenal di Indonesia. Rasanya yang khas dan unik membuat kue ini banyak disukai para pecinta kuliner tradisional. Bika Ambon sudah dapat ditemui dihampir seluruh wilayah di Indonesia, ini yang menyebabkan masyarakat terkadang salah mengira Bika Ambon berasal dari Ambon alih-alih berasal dari Sumatera.

Kue Bika Ambon terilhami dari kue khas Melayu yaitu Bika atau Bingka yang kemudian dimodifikasi dengan bahan pengembang berupa nira (tuak enau) hingga berongga dan berbeda dari kue Bika atau Bingka khas Melayu itu. Lalu bagaimana kue ini bisa disebut Bika Ambon? karena kue ini pertama kali dijual dan populer di simpang Jl Ambon-Sei Kera Medan yang akhirnya nama jalan ini menjadi sebutan bagi kue cantik dan unik ini. Di Medan, Jalan Mojopahit di daerah Medan Petisah terdapat sedikitnya 30 toko yang menjual kue ini. Setiap toko di lokasi ini bisa menjual lebih dari 1.000 bungkus bika ambon perhari apabila menjelang hari raya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *