Burung Kenari, Idola Kicau Mania Indonesia Berasal Dari Mana?

Burung Kenari, Idola Kicau Mania Indonesia Berasal Dari Mana?

Burung kenari merupakan burung peliharaan paling popular di Indonesia saat ini. tidak seperti jenis burung peliharaan lainnya, banyak tujuan pemelihara burung ini. Mulai dari hobi memelihara karena suaranya, karena unik dan lucu, karena menarik warnanya, sampai dengan beternak, untuk perlombaan, dan lain sebagainya. Kenari ini memang sangat indah jika dijadikan sebagai pajangan karena bentuk tubuh dan warnanya begitu memanjakan mata. Suara atau ocehan burung ini juga sangat unik, bias difariasikan dengan “mengisi” nya dengan suara burung lain. Bagi penggila lomba, burung ini juga bias menghasilkan jutaan rupiah dari lomba-lomba yang rutin hingga setiap minggu dilakukan diberbagai kota. Berbagai hobi ini memancing para penangkar untuk menangkarkan kenari yang harga jualnya cukup menarik, mulai dari 300 ribuan sampai dengan jutaan rupiah.

Pulau Canary

Dari mana sebenarnya burung kenari berasal??? Apakah Indonesia??? Mari kita cari tahu.
Nama burung kenari tidak berhubungan dengan buah kenari, melainkan diambil dari nama pulau habitat aslinya, yaitu Kepulauan Canary. Kepulauan itu sendiri mendapat namanya dari bahasa Latin canarias yang berarti (pulau) anjing, karena banyaknya anjing liar yang ada di sana pada zaman dahulu. Kepulauan Canaria terdiri dari tujuh pulau vulkanik yang terletak di Samudra Atlantik, sebelah barat laut pesisir Afrika (Maroko dan Sahara Barat). Kepulauan ini termasuk dalam wilayah Spanyol dan merupakan salah satu komunitas otonomi negara itu. Kepulauan Canaria juga diklaim oleh Maroko. Kepulauan Canaria membentuk kawasan ekologi Macaronesia bersama dengan Azores, Tanjung Verde, Madeira dan Pulau Savage. Gunung berapi Teide di pulau Tenerife adalah gunung tertinggi di Spanyol. Menurut letak kepulauan berkenaan dengan angin pasat, cuacanya sejuk dan basah atau sangat kering. Beberapa spesies asli dilindungi, seperti pohon drago Dracaena draco dan hutan Laurisilva.

Burung Kenari Serinus Canaria
Serinus Canaria
Dok. oleh: Juan Emilio

Burung kenari (Serinus Canaria) pertama ditemukan Oleh Pelaut Prancis Jean de Berthan Cout di Kepulauan Canary pada abad ke-15. Negara Belanda yang kini lebih dikenal sebagai negara pengekspor kenari Indonesia, semula mendatangkan kenari dari Inggris, Jerman dan Belgia kemudian kenari tersebut dikawinkan dengan kenari liar dan menghasilkan beberapa jenis lainnya. Saat ini ragam burung kenari yang kita kenalsudah sangat banyak karena kegiatan persilangan oleh penangkar yang menginginkan kenari dengan suara, warna, dan tingkah laku tertentu agar nilai jualnya tinggi dipasaran. Bagi para penghobi burung ini ada 5-7 ragam kenari yang dikenal dipasaran.

Serinus estherae, kenari gunung, kenari melayu
Serinus estherae
Dok. Oleh: Wanna Tantanawat

Apakah ada kenari yang berasal dari Indonesia???
Pertanyaan menarik dan banyak terbersit dipikiran para penghobi burung ini. Burung Kenari dari Indonesia ternyata ada juga. Burung ini dikenal dengan Kenari Gunung atau Kenari Melayu. Dalam istilah ilmiahnya burung ini mempunyai nama  Serinus estherae  dan dikenal dalam istilah Inggris dengan nama Mountain serin. Burung ini ditemukan di Indonesia dan Filipina. Habitat alaminya adalah hutan pegunungan subtropis atau tropis dan padang rumput dataran tinggi subtropis atau tropis. Di Indonesia burung ini tidak termasuk dalam jenis burung yang dilindungi namun populasinya semakin berkurang dialam, dan secara internasional burung ini dikategorikan Least Concern oleh IUCN.

Baca juga:
– Warga Jatimulyo Lepasliarkan Gelatik Jawa di Kulonprogo
Elang Ular Bido “Permata” Pegunungan Seribu Yang Kian Meredup

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *