Gendang Melayu Bangka Belitung, Tak Lekang Oleh Waktu

Gendang Melayu Bangka Belitung, Tak Lekang Oleh Waktu
Gendang Melayu bangka belitung

Gendang Melayu adalah alat musik tradisional yang dipukul yang dibuat dari bahan kulit hewan seperti kerbau, kambing dan juga lembu. Gendang Melayu merupakan alat musik tradisional dalam anggota genderang, yang bunyi nya berasal dari membraofon dengan cara memainkanya ditepuk dengan kedua belah telapak tangan. Gendang Melayu merupakan alat musik yang dijadikan sebagai alat musik khas suku Melayu, dan merupakan alat musik tradisional Kepulauan Bangka Belitung.

Pada zaman dahulu, Gendang Melayu dipergunakan pada saat pentas seni bela diri pencak silat, gendang ini digunakan sebagai penegas gerakan saat melakukan jurus tertentu ataupun mempercepat tempo. Di beberapa daerah di Indonesia juga memanfaatkan alat musik ini untuk iring-iringan pengantin atau pengisi acara pementasan.

Gendang melayu ukir

Alat musik ini dibuat dengan cara melubangi bagian kayu menggunakan peralatan tradisional. Meskipun  cara tersebut cukup menguras tenaga karena harus menghaluskan bahan baku agar suara yang dihasilkan terdengar sempurna. Pohon dengan lingkaran kayu yang besar menjadi pilihan utama, kemudian di potong dengan ukuran 35-45 cm. Kemudian kayu dilubangi dengan pahat hingga tipis dimuka dan bagian belakangnya dibuat agak tebal. Kayu mahoni biasanya digunakan sebagai bahan gendang ini, sedangkan kulitnya biasanya menggunakan kulit hewan ternak seperti kambing, kerbau atau lembu. Agar bunyinya lebih nyaring pada lingkaran kulit bagian dalam dipasak dengan menggunakan rotan. 

Baca juga:
Serangko alat musik tradisional Jambi
Aramba, Alat musik tradisional Pulau Nias
Serune Kalee Klarinetnya Aceh
Talempong Musiknya Minang

Kepulauan Bangka Belitung

kepulauan bangka belitung

Kepulauan Bangka Belitung (disingkat Babel) adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terdiri dari dua pulau utama yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung serta pulau-pulau kecil seperti P. Lepar, P. Pongok, P. Mendanau dan P. Selat Nasik, total pulau yang telah bernama berjumlah 470 buah dan yang berpenghuni hanya 50 pulau. Bangka Belitung terletak di bagian timur Pulau Sumatra, dekat dengan Provinsi Sumatra Selatan. Bangka Belitung dikenal sebagai daerah penghasil timah, memiliki pantai yang indah dan kerukunan antar etnis. Ibu kota provinsi ini ialah Pangkalpinang. Selat Bangka memisahkan Pulau Sumatra dan Pulau Bangka, sedangkan Selat Gaspar memisahkan Pulau Bangka dan Pulau Belitung. Di bagian utara provinsi ini terdapat Laut Cina Selatan, bagian selatan adalah Laut Jawa dan Pulau Kalimantan di bagian timur yang dipisahkan dari Pulau Belitung oleh Selat Karimata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *