082137355566
info@mepow.net

Serangko alat musik tradisional Jambi

Serangko adalah salah satu dari alat musik tiup yang merupakan warisan dari kerajaan melayu tua di Kerinci. Alat musik ini diciptakan oleh masyarakat melayu kuno dikarenakan sulit sekali untuk mengumpulkan massa pada saat perang maupun upacara sakral atau belasungkawa.

Cara menggunakan alat musik ini adalah dengan ditiup, alat musik tradisional serangko biasanya digunakan untuk pemberitahuan apabila ada musibah dimasyarakat Jambi.  pada zaman dulu alat musik Serangko ini digunakan oleh komandan perang sebagai terompet perang dan terompet belasungkawa atau alat informasi bagi masyarakat kalau ada kematian, sebutan lainnya adalah Puput. alat musik tiup khas Kerinci yang menyerupai terompet perang terbuat dari tanduk `kerbau jalang` yang dirajah dengan tulisan aksara incung dengan ukuran rata-rata antara satu hingga satu setengah meter. Dari sisi lain mengatakan bahwa instrumen musik ini ada kemiripannya dengan alat musik yang digunakan oleh suku Aborigin. Sedangkan bunyi yang dihasilkan hanya merupakan efek bunyi saja untuk membangkitkan semangat dan menimbulkan suasana sakral pada upacara adat.

Baca juga: Aramba, Alat musik tradisional Pulau Nias

Suara yang dihasilkan serangko cukup keras, selain itu alat ini juga dapat menghasilkan nada-nada melodis apabila dimainkan dengan mekanisme buka tutup lubang. Akan tetapi seperti alat musik tradisional pada umumnya, alat musik Serangko ini juga sudah mulai jarang digunakan dan ditemukan.

Respond For " Serangko alat musik tradisional Jambi "

  • Jhonatan September 29, 2018 10:09

    Ternyata terbuat dari tanduk kerbau ya alat musiknya, sangat unik sekali.
    • MePow Admin November 2, 2018 08:25

      benar sobat.. dari tanduk kerbau
Translate »
Skip to toolbar