Truno bamban “Ular Hijau Yang Mematikan”

Truno bamban “Ular Hijau Yang Mematikan”

Menakutkan…

itu kesan mendalam kalau kita menatap wajah ular hijau yang satu ini. Dengan warna dominan hijau cerah, kepala segitiga plus berbuntut warna merah yang mencolok membuat banyak makhluk termasuk manusia memilih untuk menghindarinya. Wajar dan memang benar kalau ular ini perlu dihindari karena ular yang dalam istilah bahasa inggri dikenal sebagai The white-lipped pit viper (Trimeresurus albolabris) atau ular hijau ekor merah yang lebih akrab dipanggil Truno bamban oleh masyarakat jawa ini temasuk keluarga viper yang berbisa kuat walau pun tidak mematikan bagi manusia.

Racun ular ini mengandung haemotoxcin yang cukup kuat yang meskipun tidak mematikan, toh efek racun ular ini ke tubuh manusia tidak bisa diabaikan. Selain rasa sakit yang dalam di titik gigitan, bengkak yang bertahan selama seminggu hingga pangkal lengan/kaki, efek racun ini pun seringkali masuk hingga ke lambung dan ginjal manusia. Spesies dari genus Trimeresurus yang ada di Indonesia cukup banyak, diantaranya adalah T. wagleri, T. sumatranus, T. puniceus, T albolabris, T. properum, dll.

Deskripsi

Ciri yang sangat menonjol dalam sub keluarga trimeresorus ini adalah adanya coretan memanjang warna merah dibagian atas ekornya. Giginya yang solenoglypha atau berbentuk engsel dapat memanjang hingga optimal 2 cm saat menggigit meski tubuhnya hanya berkurang 75 – 90 cm dengan diameter sekitar 2,5 cm maksimal.

Baca juga : Nasib Hutan Indonesia

Perilaku

Ular ini hidup nya arboreal atau diatas pohon untuk memangsa burung, cecak, kadal dan makhluk pohon laennya. Keluar mencari makan pada malam hari atau nocturnal, dan sering ditemukan di daerah pinggiran sawah atau ladang, hutan hujan tropis hingga ketinggan 2000 mdpl. Seperti lazimnya ular yang hidup diatas pohon, ular ini pun berreproduksi dengan ovovivipar atau mengerami telurnya didalam tubuhnya sehingga ketika keluar sudah berbentuk bayi ular.

Ular ini kadang disamakan dengan ular pucuk atau gadung pari (Dryophis prasinus) yang warnanya mirip dengan di albolabris ini. Di kalangan masyarakat, semua ular hijau dianggap berbahaya, padahal sebenarnya tidak. Yang cukup berbahaya adalah ular hijau ekor merah sehingga perlu diwaspadai dan berhati hati jika bertemu dengan dia.

Tips : jangan coba-coba menangkapnya jika anda bukan ahli ular atau belum pernah menangkap ular sebelumnya. Jika tidak nyawa anda yang melayang.

 Baca juga : Tips Menyusun Metode Penelitian

12 thoughts on “Truno bamban “Ular Hijau Yang Mematikan”

  1. kemarin di dikebun lada aku temukan ular warna putih,badannya kurus,kepala segitiga..dia menjulurkan kepalanya melihat ku…kira2 itu ular apa yaa??

  2. tadi pagi saya ketemu ular dekat kamar mandi. ularnya kaget loncat saya juga ikut kaget.. latah loncat juga. ularnya dominan berwarna hijau ada warna coklat dipunggungnya dan warna kekuningkuningan disepanjang perutnya. panjang kira-kira semeter lebih badannya agak besar langsing dan kepalanya kecil dominan warna coklat. sekarang ia terkurung di wastafel. kira-kira jenis ular apa yaah. ular bajing atau bukan trus kalau dipelihara gimana caranya dan seberapa bahayanya kalau ia mengigit. terimakasih n nuhuun pisan atas informasinya. wassalamwrwb

  3. iket dulu sekuat mungkin daerah tangan ato kaki berjarak kurang lebih 20cm dari luka gigitan untuk menghambat penyebaran racun keseluruh tubuh, trus isep aja luka gigitan sampe sembuh. eh salah ding, sampe gak keluar darah lagi ( awas mati kehabisan darah lo… hehehehehe) kalo katanya pawang,potong tunas muda pisang raja lalu tempelkan di luka gigitan kurang lebih 10-15 menit. ulangi hingga 3 kali, kemudian lepas ikatan. kalo belom sembuh juga hubungi dokter, jangan hubungi dukun beranak wkwkwkwkwkwkwk…

    tips : bila agan agan sering maen kehutan (entah itu hutan beneran ato hutan-hutanan) agar gak disamperin ular, bawa selembar daun beluntas dan sehelai ijuk (rambut dari sapu yang masih baru dan belom menyentuh tanah sama sekali) buat jimat gan… gitu kata si pawang ular deket rumah ane.. awas keliru pawang ujan gan….hahahahahahahaha…. ato agan sekalian bisa mandi aer garem dulu sebelum bepergian…

  4. bang temenku digigit ular hijau ekor merah persis seperti d gmbar. tpi ukuranx kecil, skitar 25-30 cm. apakah ular trsbut sudah berbisa? jika iya, gimana pertolongannya bang? trims

  5. berkaca pengalaman 1 tahun yang lalu.. tetangga pas hendak ambil wudhu buat sholat tahajud digigit ular hijau… tapi mungkin sudah takdir, beliau meninggal setelah dirawat 3 hari di RS… tapi disini kok ndak menyebabkan meninggal ya.. mohon penjelasan biar saya lebih paham.. terimakasih

    1. bukan yang ini pak,, ular yang warnanya hijau bermacam2.. Yang racunnya tinggi kepalanya segitiga bentuknya dan ekornya kemerahan..

  6. Mirip banget sama ular pucuk , jadi takut , ular yg kupelihara ini bener2 ular pucuk bukan ya ? 🙁

  7. ada yg terlupa, ada ular warna coklat kemerahan dgn garis memanjang di punggung warna item mengkilat, klo terancam akan memipikan leher mirip kobra jg, jenisnya Macropisthodon rhodomelas…
    tidak berbisa…

  8. masih ada satu species lg yg mirip dgn Trimeresurus albolabris, red talied ratsnake atau ular bajing (Gonyosoma oxycephela) yang tidak berbisa, perbedaannya terletak pada kepala yg lebih kecil dan tidak berbentuk segitiga.

    @meiranta; garis sejajar badannya satu ato dua? di samping agak bawah ato di tengah badan ular?
    hampir semua species ratsnake bersifat agresif dan akan mengancam dgn gaya seperti “kobra”, memipihkan badan dan leher membentuk huruf S, kemungkinan sih ular kopi Elaphe flavolineata, garis tunggal di punggung berwarna kekuningan sampai orange. ular ini tidak berbisa…

    ular berbisa yg bergaris sejajar badan kyknya cuma ular cabe/malayan banded coral snake (Maticora intestinalis) warna badan coklat hingga hitam, di samping badan kanan dan kiri bergaris putih hingga abu2 kebiruan, punggung garis orange dan ekor berwarna orange kemerahan. ular ini berbisa tinggi neurotoxin.
    ular ini seperti kebanyakan ular berbisa tinggi keluarga elapidae berkarakter kalem dan tidak agresif.

  9. kalo ular berrwarna coklat kehitaman dan bergaris jingga ke merahan sejajar sepanjang tubuhnya termasuk ular apa ya.kemarin sempat diusir/diangkat tapi dia nyerang kayak posisi kobra kalo nyerang.kira2 itu ular apa ya??????thank atas infonya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *