082137355566
info@mepow.net

Kukang dan Kehidupan Uniknya

Kukang dan Kehidupannya

Kukang (Nycticebus coucang) adalah salah satu spesies primata dari genus Nycticebus yang penyebarannya di Indonesia meliputi pulau Jawa, Sumatera dan Kalimantan. Kukang dikenal juga dengan sebutan pukang, malu-malu atau lori, bersifat aktif di malam hari (nokturnal). Di pulau Jawa terdapat subspesies Nycticebus javanicus, yang penyebarannya meliputi Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah dan Jawa Timur dengan ciri bulu tubuhnya berwarna coklat muda sampai coklat tua, bermata besar menonjol keluar, panjang kepala dan badannya 33 cm dengan bobot badan berkisar antara 300-1500 g. Pada bagian kepala hingga punggungnya terdapat garis coklat tua yang menjadi salah satu cirinya. Tangannya berfungsi sebagai pemegang yang telah berkembang baik.

Pengelompokan

Berasal dari Ordo Primate, kukang menempati Sub Ordo Prosimian dan Family Lorisidae. Terdapat sedikitnya tiga spesies di Asia, yaitu slow loris (Nycticebus coucang), pygmy loris (Nycticebus pygmaeus) dan slender loris (Loris tardigardus).

Nycticebus coucang

Empat sub spesies dari slow loris yang ada, antara lain Nycticebus coucang bengalensis yang terdapat di Assam, Myanmar, Thailand dan Indo-Cina. Secara morfologi, berukuran besar dengan berat ± 2000g dan berwarna cerah. Nycticebus coucang, tersebar di Malaysia, Sumatera, Thailand bagian Selatan, sebelah Utara Kepulauan Natuna. Berukuran lebih kecil daripada Nycticebus coucang bengalensis, berwarna coklat terang dengan bagian dahi yang lebih gelap. Ketiga, Nycticebus coucang menagensis yang dapat dijumpai di daerah Borneo, Bangka dengan ukuran tubuh relative lebih kecil jika dibandingkan dengan Nycticebus coucang coucang. Terakhir, Nycticebus javanicus, sesuai dengan namanya penyebarannya di Pulau Jawa. Ukuran tubuhnya lebih besar daripada sub spesies lainnya, dengan corak yang tebal pada bagian dorsal (punggung) yang menjadikan perbedaan yang cukup mencolok.

 Baca juga : Perbedaan Kukang dan Kuskus

Di Indonesia belum ditemui adanya skema pasti mengenai keberadaan dan distribusi satwa ini. Penduduk lokal bahkan kerap kali keliru menganalogikannya dengan kus-kus. Hal ini dikarenakan keterbatasan dalam penyampaian informasi.

Perilaku

Kukang terkenal dengan kehidupan malamnya (nocturnal) dan memakan beberapa buah-buahan dan sayuran, juga beberapa insecta, mammalia kecil dan bahkan burung. Umumnya mereka meraih makanan dengan salah satu tangan lalu memasukkannya ke dalam mulut. Berbeda halnya dengan minum, cara yang dilakukan pun cukup unik. Mereka tidak minum langsung dari sumbernya tetapi mereka membasahi tangannya dan menjilatinya.

Layaknya hewan-hewan nocturnal lainnya, pada siang hari kukang beristirahat atau tidur pada cabang-cabang pohon. Bahkan ada yang membenamkan diri ke dalam tumpukan serasah tetapi hal ini sangat jarang ditemui. Satu yang unik dari kebiasaan tidur kukang yaitu posisi dimana mereka akan menggulungkan badan, kepala diletakkan diantara kedua lutut/ ekstrimitasnya.

Ketika malam hari tiba, kukang mulai melakkukan aktivitasnya. Mereka bergerak dengan menggunakan 4 anggota tubuhnya, pergerakan seperti ini disebut dengan quadropedal ke segala arah baik itu peregrakan vertical ataupun horizontal (climbing). Pada hewan-hewan yang hidup di penangkaran, mereka bergerak memanjat dan mengitari kandang disebut denan aksplorasi. Tak jauh berbeda dengan kehidupannya di alam, kukang yang hidup di penangkaran pun menciumi segala sesuatu/ objek yang ditemuinya serta melakukan penandaan/ marking dengan urine.

Baca juga : Kukang Yang Semakin Terbuang

Berdasarkan rekaman hasil penelitian di lapangan,diketahui bahwa satwa ini hidup secara soliter, walaupun di beebrapa saat ditemui adanya interaksi namun tidak lebih sebatas fase tahapan reproduksi. Masa estrus pada kukang berkisar antara 30-40 hari. Pada hewan betina, jika memasuki masa estrus maka akan lebih sering mengeluarkan suara/ vokalisasi berupa siulan. Selain itu, terjadi pembengkakan pada area genitalianya. Jika jantan mendengarkan dan tertarik akan siulan betina, maka jantan kemudian mendekati betina dan mengadakan kopulasi. Masa kehamilan atau gestation periode selama 176 sampai 198 hari atau kurang lebih selama 6 bulan.

Populasi dan Status

Nycticebus javanicus

Populasi satwa ini di alam saat ini diperkirakan cenderung menurun yang disebabkan oleh perusakan habitat dan penangkapan yang terus berlangsung tanpa mempedulikan umur dan jenis kelamin. Penangkapan kukang yang tidak terkendali terutama untuk diperdagangkan sebagai hewan peliharaan (pet animal). Akibatnya kukang sekarang termasuk kategori spesies terancam punah dan dilindungi Undang-undang dalam Konvensi CITES Appendix II.

Kukang tergolong satwa pemakan segala (omnivora), seperti halnya dengan primata lainnya pakan utama adalah buah-buahan dan dedaunan. Namun demikian kukang di habitat aslinya, juga memakan biji-bijian, serangga, telur burung, kadal dan mamalia kecil.

Respond For " Kukang dan Kehidupan Uniknya "

  • sinta maharani March 25, 2017 03:59

    belum pernah ketemu sama kukang, klau sma kakang sudah ketemu hehe
  • busang October 16, 2016 05:27

    Kukang itu binatang mistis----bisa menyebabkan mala petaka. bodoh benar yg mau melihara.
  • Sari March 11, 2016 16:34

    Kalo kukang yg suka teriak/suara sekitar 5 menit sekali itu masa estrus om?
  • fery,n May 16, 2014 19:30

    Kukang terancam punah populasinya menurun, kompas TV 17 mei jam 1.00 membahas tentang kukang yang walopun keliatanya pemalu tapi sebenarnya ganas+memiliki racun semacam kelenjar minyak yg keluar dari ketiak bila merasa terancam rancun itu akn berfungsi dgn baik bla tercampur dgn air liurnya. Racun itu berfungsi sebagai pertahan diri dari predator+dari parasit" lainya ex:lintah,kutu dll. Tak tangung" hewan seperti beruangpun jika mencium bau kelenjar minyak itu langsung menghindar dan air liur kukang juga mengandung zatkimia yg bisa melarut daging sudah dipastikan yg kena gigitan kukang pasti lukanya akan sulit disembuhkan/lama sembuhnya. Tetapi tak perlu khawatir yg punya kukang akan bahaya itu, karna bahaya itu akan terjadi jika kukang memakan serangga yg punya zat kimia semacam itu seperti semut dan kaki seribu karna kukang punya zatkimia seperti itu dari dia memakan serangga tersebut jika kukang tidak memakanya pasti kukang juga tidak mempunyainya. Dan 1 hal menarik lainya yaitu kukang dikenal lamban tetapi sebenarnya bila dialam liar kukang bisa menjelajah 3 hektare wilayah hutan hanya dalam waktu 1 jam saja dan mampu bergerak 8 jam tanpa henti disaat malam hari. Tak ada hewan manapun yg berani mengusik kukang selain sesama jenisnya sendiri. Sebenarnya masih banyak fakta" lainya akan tetapi sampai disini saja uraian yg saya tau semoga bermanfaat dan bisa mengugah kita untuk mencintai dan melestarikan hewan" disekitar kita
  • arimbi March 5, 2014 06:24

    bedakan pukang betina sama jantab gimana?
  • Amalia March 4, 2014 15:51

    Kalau kukang yang merinding kaya kedinginan itu kenapa ya ?
  • Bebby Namira August 17, 2013 08:24

    Biasanya Jakarta ada
  • Bebby Namira August 17, 2013 08:22

    Saya juga begitu,Serena kukang saya kan kebetulan jantan.jadi kadang dia suka kabur,awalnya saya kira dia Slow Moris,tapi pas dia kabur pertama kali gesit sekali(barusan). Mungkin kalau menjinakkan kukang harus divaksin(?)(mungkin),dan mungkin juga dia harus didekatkan ke pemilik nya,ajak dia jalan jalan tanpa kandang,taruh di lengan,kasih makan dan Mandiin.
  • Bebby Namira August 17, 2013 08:14

    Aku juga baru punya Kukang,nama nya Serena.dia juga baik baik aja,walau sedikit galak.dia kalau aku kasih makan pun juga mau.
  • Bebby Namira August 17, 2013 08:09

    Serena Nama kukang saya
  • debora July 22, 2013 12:02

    Min, mau tanya. Kalo kukangnya sering bersin2 itu karna apa ya? Trus kalo mau kasih makan dia pake tangan caranya gimana ya?
  • ayu July 17, 2013 09:54

    Pengen nanya doank gw baru beli kukang ,, mungkin umur nya baru 1bln ,, tp slma beberapa hari ini dia susah bgt buat makan ,, ud di kasih pisang , susu , melon , bahkan makan bayi ,, tp dia ttp gak mau ,, tolong dong info ny gimana cara nya supaya dia mau makan ,, ?
  • Ubay Zebit January 25, 2013 08:45

    brow.kukang w pinggangnya luka,,, kyknya agak parah gtu,,, cara obatinnya gmn,,,, kl ada yg mau rawat kukang nh mau w kasih,,, kasian w takut mati,,,,,,
  • fera hp December 5, 2012 08:55

    Bgi agan semua, hti2 plihara kukang, cos menurut penelitian, kukang memiliki sejenis racun yg tersimpan di dalam selaput dekat sikunya., hati2 dengan gigitan kukang jika kukang menjilat sikunya. Dan dalam perawatan kukang, seringlah memandikannya minimal 1 x 3 hari, biar bulunya terawat dan bagus.
  • angga January 9, 2012 14:51

    ad gak solusi biar gw bisa memiliki secara sah dri hukum mawpun undang2,soalx teman gw slama ini cm dya en skrng dyapun hidup sehat bersama saya,karna saya sudah terlalu dalam memahami tingkah laku kukang….. emank seh ad niat tuk di serahkan pada yg berwajib,tpi gw gak tega tuk pisah dri dya mas,pliss saran en masukanx mas… Apkah kita bnr2 dilarang tuk memelihara kukang..? Lalu αρα γαпģ hrs kita perbuat..?
  • Troy September 10, 2011 06:36

    Ada saya dapatkan Kukang di tengah jalan desa di Kalimantan semalem, Rupanya kukang ini dilindungi karena binatang langka. Kalo ada yang tau harus saya apakan binatang ini, mohon bantuannya. Terima kasih
  • bing August 24, 2011 09:50

    apa bedanya kukang jawa sama kukang kalimantan ato yg sumatra ?
  • dian May 30, 2011 01:53

    mepow ak mau nanya kalo kukang bisa loncat ga??
    • MePow Admin May 16, 2018 07:33

      Bisa banget
    • MePow Admin May 16, 2018 07:34

      Kukang bisa meloncat ketika dia menangkap mangsanya sob.
  • fajri April 8, 2011 05:00

    abang gua kasihh tau di bandung yg namanya BIP masih banyak tuh kukang coba geledah di karung2 dia di simpen di situ kalo ada yg mau beli baru di buka.. . untuk balai konservasi hewan langka tolong lebih teliti kasia tuh kukang.. . trimksih...
  • Sofyan Effendi March 27, 2011 10:10

    Yth Bpk Admin Mohon ijin utk di copast, utk bahan tulisan dan reff, karena binatang ini unik dan setahu Saya hanya ada di Kalimantan (maaf bila Saya salah) Tulisan ini menarik dan diharapkan dapat memberikan kecintaan masyarakat kepada binatang2 langka yang kian hari kian menyusut jumlahnya, Salam, Mahakam24
    • MEPOW Admin March 29, 2011 02:33

      silahkan, jangan lupa sertakan sumbernya di artikel yang dibuat yah,,, thank’s kunjungannya, semoga bermanfaat..
  • yayas March 18, 2011 12:30

    mas..mau tanya.. saya tinggal di bandung, nah di bandung tempat penangkaran kukang,atau lembaga penangkaran atau perawatan hewan yg mau terima kukang saya di daerah mana ya?? saya mau,,kukangnya drwat d penangkaran ajja
  • galung October 30, 2010 15:10

    Bahaya gak ya air liur kukang ltu buat manusia? Soalnya saya punya 2ekor kukang di rumah.. Trus gimana cara menjinakkan kukang, soalnya yang satunya sangat agresif. Tolong kirim ke email saya ya "galoeng_h@yahoo.com", soalnya saya tidak terlalu sering membuka artikel ini. Trimakasih bro untuk infonya..Salam..........
  • sidqi October 29, 2010 14:38

    saya punya kukang jantan, dan hidup sehat selama ini, cakar dan taringnyapun masih ada,, kmren2 dkasih tahu teman klo kukang hewan dilindungi. kalo berniat membuat penangkaran kukang, apakah boleh?? kebetulan ada lahan atau kebun, jika di kebun tersebut dijadikan kandang dan dibuat penangkaran, apakah bisa mas??
  • hedi October 25, 2010 08:57

    mas mepow awal minggu kmrn saya lewat di dpn salah satu mall di kota bandung,saya merasa kasihan ada kukang yg di jual di pinggir jln yg wktu itu cuaca sdg hujan.saya lgs membeli kukang tsb 1ekor dgn tujuan ingin di berikan ke kebun bianatang.pas saya beli ternyata pdagang tsb mnjual lbh dr 5ekor kukang...maaf ya kukang2 yg laen blm bs sya tolong..nah mas mepow stlh dipikir2 sya ga jd menyerahkan kukang tsb ke kebun binatang sya ingin mengembalikannya ke alam,kira2 bs bantu ga??atau mungkin bs mempertemukan saya dgn lmbaga perlindungan hewan..posisi saya di bandung.mohon bantuannya ya mas mepow,,no saya 085722777771.thanxs
  • dewi June 13, 2010 11:37

    gw ada nemu kukang di dekat rumah . terus dirawat deh ama keluarga gue. di buatin kandang . tapi diberi makan pepaya ama pisang kok gak mau ya ? cuma mau nya minum susu. biasanya kukang makan apa sih ? terus mesti disuapin gitu? uda gitu, kandang nya bau bangeet. gimana ya cara mandiin nya ? soalnya keluarga gw pada takut megang nya, galak banget. kenapa ya dia galak gitu? padahl katanya kukang hewan yg manja en ngegemesin . tolong dijawab yang jelas en lengkap ya. trims infonya.
    • cendol June 13, 2010 14:20

      makanan utamanya serangga... Memang itu bukan hewan peliaraan, dia hewan dilindungi, ada undang2nya mending loe balikin ke pusat rehabilitasi satwa. tu dah ada contohnya di artikel depan "Pembaca MEPOW Serahkan Kukang Untuk Di Rehabilitasi"
  • ririe May 28, 2010 05:35

    aku punya kukang tapi gamau makan kenapa yaa?apa karna stres apa apa? dan galak banget gitu....setau aku kukang gak galak kan yah?
    • reza February 1, 2011 14:55

      mas saya punya kukang ne 1,,baru dua hari,,dan saya baru tau kalau ini binatang dilindungi..tolong dong bantu saya buat ngehubungin IAR,, no hape saya 085723906835
      • Asman February 5, 2011 18:44

        Reza,.. langsung saja telp ke nomor 0251-8389232 atau email ke informasi@internationalanimalrescue.org
  • Vania May 15, 2010 03:40

    Mau nanya dong, Aku kan punya kukang dirumah jenis Slow Loris, dia kok kerjaannya tidur terus ya?? Setau aku, kukang itu kalo malam (adzan maghrib) dia sudah mulai beraktifitas kan? Tapi kenapa kukang saya diem aja, tidurnya ngulet, gitu terus. apa dia sakit ya?? Kalau kukang sakit obatnya apa ya? Tolong dibalas ya!! Penting sekali ini Mas. Terima Kasih :)
    • MEPOW Admin May 15, 2010 13:07

      ya memang seperti itu, karena gerakannya lambat makanya dikasih nama atau istilah slow loris.. kalu dia gak beraktifitas mungkin karena itu bukan di alam yang sesungguhnya, dimana dia harus aktif mencari makanan atau memang dia lagi sakit, coba bawa saja ke dokter hewan. Tapi sebenarnya saran utama saya adalah kembalikan kukang tersebut ke alamnya kalu bingung caranya bisa kasih info ke forum di page ini. Kenapa?? karena kukang adalah hewan yang dilindungi dan ada undang2nya, karena keberadaannya semakin langka dialam dan yang terpenting perlu kita ketahui bahwa kukang bukan hewan peliharaan. Tapi pun begitu semuanya tergantung rekan2 yang mungkin memelihara kukang, itu hak dari kawan2 untuk memeliharanya. Tapi tidak ada salahnya kita bisa meniru apa yang dilakukan mas Adrian yang mau menyelamatkan populasi kukang dengan melepaskan kembali ke alamnya.
  • Febriadi April 21, 2010 11:44

    mas liur ny kukang katanya mengandung virus y? berbahaya ga? terus kt ny kukang jg digunakan utk ilmu hitam,, benar tdk rumor tsb?
  • dichan February 14, 2010 09:25

    hmmm, gw punya kukang (baru tau tnyta itu kukang bukan kuskus) tahun 97... beli yg masih kecil bgt, kalo tdr badanny pas ditangan :p dulu gw msh smp jadi seneng aj pny pet yg ga pny gigi+cakar..baru tau kalo dipotong scr sengaja.. ckckckk.. wkt lebaran gw titip ke tetangga, trus pas balik..katanya mati.. ga tau d bener mati/diambil ma dia :( errrghhhh...!!! pengen beli lagi pdhl, tp baru tau kalo skrg dilindungi... aaaaarrgghhhhh...ga bole y beli? *sigh.. sutralah, gw memilih unt melestarikan binatang yg menurut gw d cutest animal ini :)
  • MEPOW Admin February 2, 2010 05:15

    kandangnya harus muat pohon buat kukangnya beraktifitas diatas pohon seperti di habitat aslinya... Buat kawan2 yang pelihara kukang mungkin bisa liat artikel baru mepow tentang kukang (klik disini), penting buat kawan2. terima kasih.
  • Zhily January 14, 2010 08:49

    saya punya dua kukang yang satu berwarna ke abuan dan yg satu berwarna keemasan....... cuman hanya otong ( kukang ku yg berwarna keabuan) yg bisa di pegang2 tapi si codet ( yg berwarna keemasan) masih ganas.... ada saran gak giman cara jinakinnya yg baik dan benar ? mksh
  • anggia December 30, 2009 09:20

    ohy satu lagi ni.... kukang ku ko ga da gigi ya? tpi aku takut buat mgang dia.....
    • MEPOW Admin December 31, 2009 07:00

      kukang ada giginya ada kuku/cakar panjangnya juga kayak kucing.. tapi itulah salah satu kejamnya... biar ga gigit giginya di potong begitu juga dengan cakarnya... hmmmmmmm :(.. dan lama2 pasti dia mati.. saya jamin!!
  • anggia December 30, 2009 09:19

    berarti kukang ga minum dari air dung... soal nya aku kasih dia air,mlh ga di minum.... tpi di tumpahin....... ntr klo mati karena kehausan gmn.... hiks..hiks... aku mw tanya..... klo aku pke kndang kucing anggora.. cukup ga buat bdan nya alex(kukangku)
  • daniel December 29, 2009 04:14

    yah..telat gw baru tau kalo kukang terancam punah.. baru aja beli kukang..,
  • Rawit October 7, 2009 08:57

    Biasanya,kukang diburu buat ilmu htam. Kayak di jabar n madura kukang biasanya dpake buat ngalahin saingan usha,yag dpake darah n tulangnya. Kashan hewan ini.
  • Noordin M top October 7, 2009 08:00

    mang bua apa?
  • hartanto October 7, 2009 07:59

    capedeh kg tau
  • Noordin M top October 7, 2009 07:53

    ko kukang di buru buat apa?
  • bless_lost July 25, 2009 22:42

    Dear Mas, ta' kanggo artikele yo, buat tugas sekolahku. Ento' ra? Mesti ento yo!! he..he..wkwkwkwk
    • MEPOW Admin July 26, 2009 06:06

      silahkan, jangan lupa sertakan sumbernya di artikel yang dibuat yah,,, thank's kunjungannya..
  • m.hariyanto July 23, 2009 03:23

    ARTIKEL YANG MENARIK, IZIN KOPAS YAH BUAT REFRENSI KU
    • MEPOW Admin July 23, 2009 12:59

      Silakan bapak hariyanto.. jangan lupa kalo untuk artikel cantumkan sumbernya di tulisan bapak.. Jika ingin Tulisan atau karya anda ditampilkan di MEPOW silahkan kontak author.. Terimakasih atas kunjungannya.
    • nda rifda July 10, 2011 06:16

      kok kukang saya bulu bagian perut sampe pahanya rontok ya sampai hampir botak, itu kira2 knpa ?
      • kiki April 18, 2014 11:25

        itu disebabkan karena dehidrasi , dan stres, bisa juga kandangnya yg kotor, sebaiknya setiap hari untuk dibersihkan 2x sehari, karna kukang itu hewan yang gampang setres. dehidrasi juga bisa menyebabkan bulu2nya rontok, jaga pula makanannya
    • raihan shidiq junior August 2, 2012 16:37

      ciri2 nya jantan dan yg betina gmana gan??
Translate »
Skip to toolbar