082137355566
info@mepow.net

Senapan SS-3 Penantang AK-47 dari Indonesia

Senapan SS-3

Senapan SS-3 merupakan pendatang baru dalam keluarga besar Senapan Serbu (SS) buatan PT.Pindad, Persero. Dibandingkan dengan kakak-kakaknya, senapan SS-3 tampil lebih bongsor. Bukan karena gizi yang lebih baik, tetapi karena SS-3 sebenarnya masuk dalam kategori senapan tempur atau battle rifle. SS-3 diklaim memiliki akurasi yang sangat tinggi. Senapan ini bisa digunakan sebagai senjata serbu biasa atau bisa juga dipakai oleh mereka para designated marksman, alias si penembak jitu. SS-3 sendiri punya jarak tembak efektif sampai 400 meter (mekanikal), sementara dengan optical jarak tembak bisa mencapai 800 meter. Tembakan kecepatan peluru atau yang lebih dikenal dengan ROF (rate of fire) bisa antara 740-810 per menit dan bisa disetting menjadi senjata otomatis dan semi otomatis sesuai kebutuhan.

Akurasi tinggi dari SS-3 dikarenakan salah satu yang istimewa dari SS-3 adalah pemasangan optik Mepro X4 4x40mm (Mepro 4X). Optik ini digadang lebih hebat dibandingkan dengan Trijicon ACOG yang kini banyak digunakan TNI AD. Walaupun sama-sama menggunakan perbesaran tetap 4x, tetapi bidang pandang Mepro X4 lebih lebar sehingga lebih banyak bidang yang bisa dilihat, berujung pada meningkatnya kewaspadaan. Retikula pada Mepro X4 bisa menyala karena bersumber pada baterai yang dapat otomatis mati sendiri jika tidak digunakan dalam waktu lama. Selain itu Mepro X4 mempunyai keunggulan satu optik bisa mengakomodasi kebutuhan dua jenis peluru sekaligus, baik itu 5,56x45mm ataupun 7,62x51mm. Hal ini karena retikulanya memiliki stadia yang berbeda untuk kedua jenis peluru tersebut, dimana penanda BDC (Bullet Drop Compensation) dibuat berbeda antar kedua jenis peluru. Jadi tidak perlu membeli dua optik berbeda seperti pada ACOG.

Baca juga : K2 Black Panther Pemburu Tank Yang Mematikan

Secara bentuk, senjata ini juga mengalami beberapa perubahan yang dan bisa dibilang makin oke. Bentuk senapan SS-3 adalah SS-2 yang diperbesar, seperti AR-10 yang menurunkan M16. Semua kontrol masih sama. Tabung gas pada SS-3 sama dengan SS-2 bentuknya, hanya saja tersembunyi oleh pegangan tangan,  termasuk tuas penembakan yang ada di kanan dan kiri senapan masih sama dengan SS-2.  Yang berbeda adalah penggunaan popor buatan MagPul yang memiliki setingan bisa ditarik panjang atau dipendekkan, sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan penembaknya. Kelebihan senjata ini dibandingkan dengan generasi sebelumnya adalah tambahan lensa infra red dan laras yang dibuat dengan metode swaging (logam yang besar dibuat jadi kecil). Selain itu kompor juga dibuat bisa bergerak maju mundur, sehingga gerakan penembak lebih fleksibel.

Spesifikasi teknis Senapan SS-3

  • Kaliber: 7,62 x 51 mm
  • Kemampuan tembak efektif: 400 meter (mekanik) dan 800 meter (optikal)
  • Panjang: Popor rentang – 1080 – 1150 mm, Popor terlipat – 836 mm
  • Panjang laras: 500 mm
  • Sistem kerja: gas operated
  • Sistem penguncian: putar
  • Jumlah & arah galangan: 6 buah dan ke kanan
  • Alat bidik mekanik: fip up
  • Kecepatan tembak: 720 – 760 peluru per menit
  • Kapasitas magasin: 20 butir
  • Mode penembakan: aman, tunggal, dan otomatis penuh
  • Mode pengamanan: tuas pengatus tembak

Baca juga : F-35 Lightning II Si Pemangsa Udara

Senapan SS-3 sangat cocok untuk kebutuhan perang dengan jarak musuh yang jauh. Kurang sesuai untuk penyergapan karena larasnya agak panjang. Untuk sementara senjata ini belum diproduksi massal karena pembuatan senjata itu tergantung pemesanan. Tentunya senjata ini akan menjadi penantang serius untuk menggantikan AK-47 yang melegenda.

Respond For " Senapan SS-3 Penantang AK-47 dari Indonesia "

Translate »
Skip to toolbar