082137355566
info@mepow.net

K2 Black Panther Pemburu Tank Yang Mematikan

K2 Black Panther adalah tank tempur utama Korea Selatan yang menggantikan sebagian besar berbagai model M48 Patton tank dan melengkapi seri K1 88-Tank dari unit tempur utama yang sekarang diterjunkan oleh Republik Korea. Produksi massal dimulai pada tahun 2013 dan K2 pertama kali bergabung dengan angkatan bersenjata pada bulan Juni 2014. Biaya K2 lebih dari US $ 8.800.000 per unit.

K2 menggunakan mesin Europowerpack MTU 1500 hp buatan Jerman dan memiliki meriam utama smoothbore Rheinmetall 120 mm dengan sistem autoloader yang dapat menembak dengan kecepatan 15 amunisi per menit. Amunisinya dilaporkan dapat menembus lapis baja MBT M1A2 Abrams. Peralatan radar dan sistem deteksi laser bersama dengan lapis baja reaktid membuatnya setara dengan Leclerc dan M1A2. K2 dilengkapi dengan water snorkel (via kit) dan dapat menyeberangi perairan dengan kedalaman 4.2 meter (13.78 kaki). Sistem kedap airnya membutuhkan waktu 30 menit untuk diset-up dan tank dapat menembakkan meriam utamanya segera setelah di darat. K2 dapat berakselerasi dari 0 kmj ke 32 kmj dalam waktu sekitar 7 detik. K2 juga dapat memanjat pada kemiringan 60 derajat dan dapat melewati halangan vertikal setinggi 1.3 meter.

K2 dilengkapi dengan sistem kontrol penembakan garis-pertama yang dapat melacak dan membidik tank lain serta target non-konvensional lain seperti helikopter yang terbang rendah, dengan jarak efektif penembakannya hingga 10 km (6.2 mil). Sistem kontrol penembakan K2 dapat melacak-membidik-menembak pada target berukutan kendaraan secara otomatis tanpa input dari awak. Amunisi 120mm nya adalah KSTAM (Korean Smart Top Attack Munitions). KSTAM adalah proyektil smart fire-and-forget yang memiliki sistem pemandu sendiri dan menggunakan sirip stabilisasi selama terbang. Amunisi ini dapat ditembakkan dari balik perlindungan dan memiliki jarak maksimum 8 km (4,97 mil).

Awaknya sebanyak tiga orang yang terdiri dari komandan, gunner dan driver yang terlindungi dengan sistem proteksi NBC (Nuclear, Biological, Chemical) dan lapis baja khusus. Sistem proteksi pasukan kawan menawarkan kewaspadaan situasional yang terhubung ke sistem navigasi.

Baca juga : F-22 Raptor “Si Raja Udara”

 

K2 Black Panther punya kemampuan pertahanan yang mengagumkan. Ia dilengkapi dengan sistem kontrol perang paling canggih sehingga banyak yang mengatakan K2 adalah pemburu tank paling mematikan di dunia saat ini. Mereka juga punya sistem jamming-nya Rusia, serta sistem proteksi ala Merkava-nya Israel. Berbekal semua teknologi mematikan ini, sepertinya Korsel tak perlu takut jika harus berkonfrontasi melawan siapapun termasuk Kim Jong Un.

Untuk mempertahankan NKRI dari ancaman-ancaman yang ada, Indonesia  kabarnya membutuhkan MBT canggih untuk memenuhi kebutuhan TNI AD mendampingi MBT dari Jerman dan Russia , dan sepertinya yang dipilih adalah MBT K2 Black Panther ini. Indonesia memerlukan tidak kurang dari 500 unit untuk tahap pertama. Semoga penambahan MBT dari Korea Selatan dapat terlaksana dan bukan mimpi belaka. Bagaimana, kurang canggihkah tank ini untuk Indonesia?

Respond For " K2 Black Panther Pemburu Tank Yang Mematikan "

Translate »
Skip to toolbar