082137355566
info@mepow.net

Gudeg Manggar Kuliner Kecantikan dan Penggoda Lidah

Gudeg Manggar adalah makanan tradisional Jogja khususnya daerah Bantul yang berbahan dasar bunga kelapa yang masih muda. Berbeda dengan gudeg pada umumnya yang memiliki rasa manis, gudeg ini memiliki rasa yang gurih. Selain memiliki bahan dasar yang unik, gudeg ini juga memiliki cita rasa yang khas. Puteri Pembayun yang merupakan Puteri Panembahan Senapati Raja Mataram yang mendapat julukan Nyai Ageng Mangir Wonobudoyo adalah pencipta gudeg Manggar pada ratusan tahun lalu. Konon, barang siapa menyantap makanan ini maka aura keraton akan melingkupi nya. Gudeg ini dipercaya menimbulkan kecantikan luar dan dalam. Wajah si penyantap akan bercahaya dan klimis dalam bahasa Jawanya.

Gudeg yang satu ini merupakan hasil olahan manggar atau bunga kelapa. Memang bahan ini merupakan bahan yang tidak biasa dijadikan sebagai bahan makanan. Akan tetapi justru keunikan dalam kuliner ini adalah bunga tersebut bisa disulap menjadi sajian yang mantap dan memiliki tekstur gurih. Kuliner ini juga dipercaya aman bagi penderita maag, karena manggar tidak mengandung gas dibandingkan dengan gudeg berbahan dasar nangka muda. Pengolahan makanan ini punya tingkat kerumitan yang tinggi karena dalam memilih bunga kelapa tidak boleh sembarangan. Hanya pohon kelapa yang kurang produktif yang manggarnya boleh diambil dan berada di daerah kurang subur. Dengan manggar yang diambil, pohon kelapa akan kembali subur, rajin berbuah dengan daun yang semakin lebar.

Jika kita ingin membedakan antara dengan gudeg biasa dari segi citarasa memang cukup sulit. Hal ini karena baik gudeg nangka maupun gudeg manggar menggunakan bumbu-bumbu yang persis sama. Sehingga paling mudah untuk membedakannya adalah dengan melihat tekstur dari kedua gudeg ini. Gudeg nangka memiliki teksturnya seperti yang biasa kita makan empuk, lembut atau lembek. Sedangkan tekstur gudeg manggar gurih dan krenyes-krenyes. Gudeg manggar biasanya dapat kita beli dengan harga sekitar Rp. 8000 – Rp. 25.000.  Jika kita ke Jogja dan sempat berkeliling mampirlah ke kota Bantul untuk menikmati sajian khas yang nikmat ini.

Baca juga : Kapurung Luwu Yang Lezat

Cukup sulit memang untuk menemukan penjual gudeg manggar, karena tidak sebanyak seperti penjual gudeg berbahan nangka, tetapi tidak perlu khawatir, meskipun tempatnya tidak di pusat kota Yogyakarta, anda tetap bisa menemukan penjual gudeg ini. Beberapa warung yang terkenal yaitu Gudeg Manggar Manding yang terletak di Jalan Parangtritis Km. 11,5 Manding, Warung Gudeg Manggar Bu Jumilan di pasar Mangiran, Gudeg Manggar Bu Tinur di Jalan Monumen Jogja Kembali No. 197, dan masih banyak lagi.

Respond For " Gudeg Manggar Kuliner Kecantikan dan Penggoda Lidah "

Translate »
Skip to toolbar