082137355566
info@mepow.net

Kapurung Luwu Yang Lezat

Kapurung

Kapurung adalah salah satu makanan khas/ makanan tradisional Indonesia di Sulawesi Selatan, khususnya masyarakat daerah Luwu (Kota Palopo, Kabupaten Luwu, Luwu Utara, Luwu Timur). Kuliner ini terbuat dari sari atau tepung sagu. Sejenis dengan makanan khas di daerah Maluku yang dikenal dengan nama Papeda. Makanan ini dimasak dengan campuran ikan atau daging ayam dan aneka sayuran. Meski makanan tradisional, kuliner ini sudah mulai populer. Selain ditemukan di warung-warung, khusus di Makassar juga telah masuk ke beberapa restoran, bersanding dengan makanan modern. Di daerah asalnya Luwu,  nama Kapurung ini sering juga di sebut Pugalu atau Bugalu.

Kuliner ini sangat nikmat jika disajikan dalam keadaan masih panas. Kuah bumbu kacang serta kaya akan rempah yang pedas akan memberikan kehangatan di tenggorokan para penikmatnya. karena terbuat dari sagu, makanan ini jadi sangat mudah dicerna, kenyal dan mengenyangkan. Kuliner yang sudah ada sejak zaman dulu ini biasanya disantap layaknya makanan pokok, namun seiring waktu berjalan, makanan ini tergusur oleh nasi yang menjadi makanan pokok warga Indonesia. Meskipun begitu, Kapurung masih tetap dipertahankan sebagai makanan pokok di beberapa daerah lain, khususnya Papua dan Maluku dengan nama yang berbeda. Bagi para penikmat kuliner yang tidak terlalu menyukai ikan, daging ayam dan udang bisa menjadi alternatif penggantinya.

Baca juga : Ayam Taliwang Khas Suku Sasak

Kapurung juga memiliki nilai gizi yang tinggi. Berbagai sayuran yang dimasak bersama kapurung dapat memenuhi kebutuhan nutrisi kita, ditambah lagi potongan ikan, daging ayam, atau udang tentunya akan menjadi sumber protein yang sangat baik. Nilai karbohidrat yang terdapat dalam kapurung juga lebih rendah dari nasi. Jadi makanan ini sangat sesuai untuk para penikmat kuliner yang sedang melakukan diet. Waktu yang sangat tepat makan kapurung adalah saat musim penghujan tiba, hangatnya Kapurung akan membuat lidah dan perut para penikmatnya sangat puas.

Jika kita ingin membuat sendiri Kapurung, seperti ini bahan dan cara membuatnya:

Bahan-bahan

  1. Sagu
  2. Aneka sayuran yang diiris halus
  3. Tomat
  4. Mangga muda
  5. Cabai merah
  6. Ikan teri
  7. Udang
  8. Bumbu :
  9. Kacang tanah goreng
  10. Garam
  11. Sambal
  12. Tomat
  13. Cabe rawit merah
  14. Garam
  15. Gula putih ½ sendok teh
  16. Jeruk limau
  17. Bawang putih
  18. Penyedap rasa
  19. Cabai merah
  20. Asam patikalla (buah kecombrang yang digeprek)
  21. Merica bubuk secukupnya
  22. Semua bahan ditumbuk hingga halus,
  23. Jeruk limau dipotong menjadi dua kemudian diperaskedalam sambal

Baca juga : Ayam Geprek Makanan Khas Jogja

 Cara memasak

  • Rebus semua sayuran hingga lunak, tiriskan
  • Buat kaldu ikan
  • Pisahkan duri ikan dan dagingnya, kemudian daging ikan disuwir-suwir kasar dan dicampur kembali dengan kaldu
  • Haluskan kacang goreng, bawang putih, garam sampai kemudian campurkan dengan bumbu dalam kaldu ikan.
  • Masukkan cabe merah besar. Kemudian tambahkan penyedap rasa sesuai selera.
  • Rebus kaldu yang berbumbu hingga mendidih
  • Buat bola-bola sagu
  • 1 gelas tepung sagu dilarutkan dalam 2 gelas air
  • Didihkan 2 gelas air
  • Masukkan adonan sagu sambil diaduk hingga mengental, kemudian angkat
  • Siapkan air matang dingin dalam baskom
  • Saat masih panas, ambil satu sendok sagu yang mengental, bentuk bulatan dengan bantuan sendok dan jatuhkan dalam air dingin
  • Tiriskan bola-bola sagu

Langkah terakhir sebelum dinikmati, letakkan bola-bola sagu dalam mangkok, masukkan campuran sayuran rebus, kemudian siram dengan kaldu ikan. Agar makanan lebih cantik, hiasi dengan irisan tomat, cacahan mangga dan udang rebus. Selamat menikmati kapurung makanan khas Luwu.

 

Respond For " Kapurung Luwu Yang Lezat "

Translate »
Skip to toolbar