082137355566
info@mepow.net

Perbedaan Kukang dan Kuskus

Kukang

Kukang (Nycticebus coucang) adalah jenis primata yang lucu dan menggemaskan sehingga tidak heran banyak masyarakat yang menjadikan primata ini menjadi hewan peliharaan meskipun sebenarnya tidak diperbolehkan karena kukang termasuk satwa dilindungi. Keluarga primata ini sering disebut malu-malu, terdiri dari 8 marga (genus) dan terbagi lagi ke dalam 14 jenis. Penyebarannya cukup luas, mulai dari Afrika sebelah selatan Gurun Sahara, India, Srilanka, Asia Selatan, Asia Timur dan Asia Tenggara. Dari 8 Marga yang ada, di Indonesia hanya ditemui 1 marga, yaitu Nycticebus. Marga Nycticebus terdiri atas 4 (empat) jenis, Yaitu :

Kukang jawa

Nycticebus javanicus

  1. Nycticebus coucang yang tersebar Semenanjung Malaya, Sumatera dan Kalimantan serta kepulauan sekitarnya.
  2. Nycticebus pygmaeus tersebar di laos dan kamboja
  3. Nycticebus bengalensis, tersebar di India hingga Thailand.
  4. Nycticebus javanicus, hanya tersebar di Jawa.

Satwa ini merupakan primata yang hidup di hutan tropis Indonesia, menyukai hutan primer dan sekunder, semak belukar dan rumpun-rumpun bambu dan beraktifitas dimalam hari. Secara umum tersebar di Asia Tenggara, sedangkan di Indonesia ditemukan di Sumatera, Kalimantan dan Jawa. Akan tetapi sampai saat ini belum ada data yang signifikan tentang jumlah populasinya di alam, akan tetapi dilihat dari berkurangnya habitat kukang serta maraknya perburuan dan perdagangan illegal bisa di jadikan indikator bahwa keberadaannya di alam mengalami penurunan.

Baca juga : Kukang Yang Semakin Terbuang

Kuskus

tergolong marsupilia, yaitu mamalia berkantung. Seperti kerabat dekatnya, Kanguru, kuskus melahirkan anak yang kecil dan belum sepenuhnya berkembang. Karena itu sejak kelahirannya, anak ini berada di kantung yang berlapis rambut halus di bagian perut induknya. Setelah agak besar, anak Kuskus kadang terlihat naik dipunggung induknya dengan ekor saling berjalinan. Sulawesi merupakan batas barat jangkauan persebaran Kuskus.

Ailurops ursinus

Kuskus atau lebih dikenal oleh masyarakat sulawesi dengan sebutan memu dicirikan oleh muka yang bundar dan telinga yang kecil, serta bulu yang lebat. Kuskus mempunyai ekor panjang yang kuat dan liat dan berfungsi sebagai alat untuk berpegangan saat berpindah dari dahan ke dahan. Bahkan ekor ini merupakan senjata pertahanan kuskus bila dirinya akan ditangkap oleh pemburu, dimana kuskus akan mengaitkan ekornya dengan kuat pada batang atau cabang bila pohon yang dipanjatnya ditebang oleh pemburu.

Salah satu jenisnya adalah Kuskus beruang, memiliki panjang tubuh lebih dari satu meter, termasuk mamalia terbesar yang hidup ditajuk atas hutan Sulawesi, aktifitas siang hari, walaupun kuskus beruang juga beraktifitas pada malam hari. Kuskus kerdil sebagai pemakan buah (frugivora) dan biologinya masih sedikit diketahui (Whitten, et al., 1987; Kinnaird, 1997). Kedua jenis kus-kus ini menurut IUCN (2002), termasuk dalam katagori ‘data deficient’ – DD , yang berarti tidak cukup data untuk menghitung resiko kepunahan berdasarkan data distribusi dan status populasinya.

 

Jadi apa bedanya Kukang dan Kuskus?

  • Kuskus berkantung, Kukang tidak berkantung
  • Ekor pada kus-kus, Kukang ekornya ntah kemana(gada), hehehehehehe
  • Kuskus kebanyakan berktifitas di siang hari, kukang full malam hari
  • Warnanya juga berbeda, loreng2 pada kukang jelas sekali, kus-kus ga dech(dengan melihat gambar akan lebih mudah)
  • Bentuk muka juga beda, kuskus bulet mukanya, kukang ga bulet-bulet amat.
  • Apa lagi ya? ada yang punya pendapat?

Respond For " Perbedaan Kukang dan Kuskus "

  • Utami May 30, 2017 03:57

    Saya baru pertama melihat ke 2 jenis binatang ini. BIla di lihat sekilas hampir mempunyai persamaan ya, tapi ternyata berbeda ya.
  • wahyu February 10, 2014 19:10

    enakan miara janda bro...ngegigit tapi bagian tertentu...gak perlu di potong juga giginya...tp sama resikonya di tangkep polisi..karna janda tergolong spesies di lindungi...hahahahahaha
  • riza December 13, 2013 10:47

    Gue juga punya kukang nih.. Tapi kasihan.. P̶̲̅ƐN̶̲̥̅̊ƍὲ́N̶̲̥̅̊ dikembalikan ќε alAmnya ǎ̜̣̍jª . Ɑϑǟ yang bisa bantu Ъќ ?
  • iian kone October 31, 2013 16:28

    aku dapet satu di halaman,,mau dikasih kebun binatang,,diterima gak ya,,
  • Sefrina Widianto September 19, 2013 08:12

    Aiih miris liat komen2 diatas ane. Banyak yang justru tanya gimana caranya ngerawat kukang plus kuskus. Itu hewan dilindungi gan, mending diserahkan ke lembaga2 penyelamat hewan biar bisa dilepasliarkan lagi.
  • mimi September 7, 2013 09:43

    Who have selling baby kukang?
  • Molly July 8, 2013 07:13

    Today, I went to the beach with my children. I found a sea shell and gave it to my 4 year old daughter and said "You can hear the ocean if you put this to your ear." She put the shell to her ear and screamed. There was a hermit crab inside and it pinched her ear. She never wants to go back! LoL I know this is entirely off topic but I had to tell someone!
  • Yohana April 10, 2013 19:48

    Aku ada nih kukang.. mau tak lepas. gak bisa ngurusnya :(
  • tony March 30, 2013 15:07

    Kukang agar kau bisa hidup bebas di alam Mu..... i <3 KUKANG !!!
  • nayla January 3, 2013 03:42

    kalo dilihat sekilas mirip banget ya? cuman warnanya aja yang beda mencolok, kayaknya jinak ya? bisa dipelihara, tapi ntar kalo gigit apa berbahaya tuh?
  • Rian November 18, 2012 13:42

    Mw tanya apakah kukang jg trmasuk hewan yg d lindungi.jka d lndngi. . bgaimana jika seseorng memlhra drmh. Apa kah melnggar undng" dan dpt d hkum..d tgu blz'n nya.oke bro
  • Eza September 2, 2012 11:15

    I like kus kus...tapi biaya mkan nya cukup mahal juga...ga boleh telat makan
  • nani August 31, 2012 02:46

    kukang cara mandiinya gimana sih???bisa di mandiin ga??soalnya bau!!
  • danil August 16, 2012 18:41

    semalam kaka aku menemukan kukang sedang berjalan di atas pagar. kemudian ditangkapnya binatang bermata bulat itu. setelah tertangkap, aku merasa kasihan karena tangan kanannya buntung. malam itu langsung aku berikan nama si Kutung (kukang buntung). luka dari tangan tersebut sudah kering. tampaknya luka buntung sudah cukup lama di derita. ketika pagi hari, kebetulan di rumah ada kandang ex kucing anggora. aku masukkan ke dalam kandang. ketika aku ingin mencari kawat untuk mengunci kandangnya, ternyata ia telah kabur ke atas genteng. aku langsung mengambil tangga. untung saja si kutung sedang bersembunyi di balik tembok. dan aku kembalikan ke dalam kandang, gerak-geriknya sangat agresif di dalam kandang.meski tangannya sudah buntung, si kutung pandai sekali meloloskan diri. bahkan jeruji kandang kucingku dijebolnya. Hhmmm... mungkin itulah yang membuat tangan kanannya buntung sewaktu melarikan diri. perjuangan si kutung, mengorbankan sebelah tangannya. ooh iyya dia aku berikan pepaya juga menyukainya. binatang yang satu ini adalah binatang herbivora. semoga kutung tidak kabur lagi.. kasihan dia kalo kabur. cox rumahku merupakan pemukiman padat yang jarang sekali pepohonan rindang. bagaimana nantinya dia mencari makan, pohon saja jarang ditemui apalagi buah-buahan.. pertanyaan aku boleh ga sih kalo kukang itu dimandikan? kalau boleh, bisa tak diberikan shampo agar wangi. thx
  • Apis July 1, 2012 13:44

    Keren! Makasih infonya! Saya animal lover,, tapi pengen banget kukang,, kalau dilaepas di hutan suka ditangkepin, bunuhin, atau dia kehilangan habitatnya,, hutan di sumatra banyak yang dibakar,, kasihan dia,,,
  • psap June 28, 2012 06:11

    yg katanya beracun itu kukang kan ???
    • Apis July 1, 2012 13:45

      Satu satunya primata yang beracun itu slow lorace
  • TRHEY June 9, 2012 23:59

    Mata kuskus bulat kecil,, sedangkan mata kukang bulat gede.. ≈Ħє:D¨Ħєє=D...Ħє≈¨.. Aq pelihara kukang..
  • sonny May 12, 2012 14:13

    petugasnya dpt fee dr penjualnya.. indonesia oh indonesia :(
  • radit April 12, 2012 02:57

    dimana sich para petugasnya tindak tegas dong yg mnjual binatang langka sperti kuskus dan kukang ''' jualanya di pinggir jalan udah gtu terang2trangan''''kasihan 'coba kita bayangkan kalo smpe punah 'mari kita sama2 melestarikan nya'''
  • Hanny April 7, 2012 00:07

    saya pny kukang di rumah, baru tahu kalau ternyata tidak boleh dipelihara karena satwa yng dilindungi. Dan saya juga tidak bisa memberi dia habitat spt seharusnya. Apa yg hrs saya lakukan? Kalau memang hrs diserahkan ke suatu instansi saya bersedia, bagaimana caranya? Saya tinggal di Kelapa Gading Jakarta. Terima kasih.
    • radit April 12, 2012 02:42

      hay friends; w radit..mending kita lepasin ke habitat aslinya ja,coalnya klo di ksih pnampungan tkut mati'mnding kta lpasin ja biar dia hidup dan generasinya juga tidk pnah,,bnatang jga mahkluk hdup dia ingin mrsakan kehidupan yg tenang 'sama seperti manusia''' mari kita lepasin aja'
  • winda April 6, 2012 07:16

    saya dikasih kukang ama tmn saya.tp udh 3 hr dia ga mau mkn.dksh pisang,dy ga mau.truz dia mknnya apa?bdnnya lemes bgt.saya ga mau dia mati.tolong bantu saya.mksh
  • fachmy March 10, 2012 16:58

    3 hri yg llu sy k petshop pnggir jln. dan sy liat kukang msih kcil dn akhr'e sy bli krna ksian. sy brniat tuk mlpaskan sii baby kukang ini. tp sy bngung, klau sy lpas skrg" tkut sii baby kukang'e mti krna msih kcil. tp sy pngen die bebs d alam. Tlong ksi sran tuk sy. Mksih n maf sblm'e..
  • dewi February 26, 2012 11:47

    saya nyaris mw beli kukang tapi gak jadi coz kata bonyok itu jangan d beli alnya bawa sial..bener gak sih ? pengen bgt beli alnya lucuuuuuuuu...tolongin dong kasih penjelasan...
    • azka March 15, 2012 20:40

      Tolong
    • radit April 12, 2012 02:46

      hay dewi kukang bukan pmbawa sia tapi alesanya orang tua kmu kukang itu binatang yg dlindungi'''jdi jgn dipelihara ya'''kasihan kan klo mati'''thank's radit
  • unyil January 20, 2012 18:28

    Sy punya kukang, blom lama beli.. Dan pas beli gatau kalo itu hewan dilindungi, abang penjualnya juga bilang kalo itu kuskus trnyata kukang. Dya tdur bareng sm saya dan saya juga uda sayang bgt sm dya, tp di dadanya ada jendolan (kayak bisul) itu kenapa ya?? Saya mw lepas tp sy ga yakin dya bakal tenang. Dan dya suka minum susu, dan makan pisang kerok.. Minumnya juga langsung, sy suapin pakai sendok, trus sy br tahu kalo kukang itu hewan malam.. Tp kok dya juga suka tdur di malam hari ya?
  • santi January 16, 2012 09:47

    kukang emang air ludahnya ber bahaya.....kasih tau donk....bahayanya kenapa dan berefek apa
    • psap June 28, 2012 06:16

      efeknya menurut artikel yg pernah saya baca, adalah kematian bagi satwa yg di gigit, namun jika untuk manusia, mungkin hanya bengkak
  • alif January 10, 2012 17:51

    kl bs para penegak hukum tangkap atau berantas para penjual hewan2 yg di lindungi
  • Arhya borneo November 30, 2011 02:51

    Q puxa 1 loh...bilang x kuskus...tp stlah Q bca ni Q jd tw trxata yg Q plihara ni kukang, mkcih ya
  • May Hendra November 9, 2011 13:46

    jual kuskus 200ribu niy stok bnyak
  • Ade Rusliana November 1, 2011 13:55

    Sekedar informasi tambahan, kus kus atau kukang tahan terhadap racun dan bisa makan racun, tapi bahayanya dia juga bisa mengeluarkan racun yang kalau terkena manusia langsung mematikan. Maka dari itu hati hati jika memelihara kuskus atau kukang.
  • Kha Sani Mutiara October 16, 2011 05:36

    Asslmulkm..saya menemukan kuskus di depn kosan saya,pd bulan purnama.sktr jam 23.OO WIB. arahnya dari tiang listrik.trus jth kebawah. pd hri kemudian saya bw kuskus ke dokter hewan.katny pa dokterr"? pelihara saja coz binatang ini langka. tak tau dri mana kuskus ini asalnya. saya pelihara kuskus di kosan saya,pke rumah2an spy nyaman.makanya 2 buah pisang ludes di makan.hehe...mungkinkah ada kaitanya dengan apes,sial diafragma mitos org2 sering menybtnya bgtu?apkh juga kukus membawa penyakit bagi yang memeliharanya? alangkah baik nya saya hrus pelhra atau lepsin kukus ke hutan,spy kuskus bisa berinteraksi sm binatang lainnya.apa hryus gimn?
  • sabrina rahmadina September 2, 2011 09:45

    apakah baner kukang mmbawa pnyakit..?
  • kurniawan August 24, 2011 09:42

    saya pernah punya kukang 1 co n 2 ce eh ternyata ngelahirkan di kandang kucing, untk masalah makan n kesehatan uda pasti terjamin,minim 2 bulan sekali ke dokter hewan.....,btw kemaren uda pada bingung mau di lepas apa beli kandang lagi karna klo di lepas ga ada jaminan dia bisa bertahan hidup,mungkin malah diambil orang yg ga sayang malah berabe, klo dikandangin lagi wah rumahku dah penuh.......ada yang punya solusi ga guys?
  • rian August 16, 2011 03:16

    beli jangan ya! berapa ya harganya!!!
  • dexarizho August 8, 2011 13:15

    Kukangku bru nemu,kejerat dipagar bunda,niat mau lepasin g tau na ngegigit,huhuhu... Mau dilepasin kealam bebas takut knpa2...
  • pratama July 4, 2011 14:30

    couscous should drink what should kaga couscous because I often thumb index please love me donk know what couscous should drink should not drink sorry, if I pake english
  • adoen July 3, 2011 18:41

    Ada yang mau bayarin kuskus gak? aku mau jual nih Rp 200000 kalo ada yang berminat hubungi : 02197583047
  • ricky June 27, 2011 11:25

    Gan saya baru nemu kukang tapi kukangnya kalo di pegang gigit ,gimana cara biar jinak atau luluh sama kita ya ! terus gigitan kukang itu bahaya gak sih ?
  • jeffry June 27, 2011 06:04

    Ayo sma2 kta lstrikan,,, Klo mkanan utama'y Kukang apa ya???
  • rizky June 19, 2011 23:37

    ane baru beli kukang, baru seminggu. Padahal ane maunya beli kuskus. Ane ketipu gan, tapi kukang lucu juga. Dan masih kecil. Hehe Persis kaya foto kukang yg diatas. Hehe Mau share aja nih, kukang paling suka minum teh manis. Trus kandangnya kalo bisa sering dibersihin. Dia gak suka kotor. Jgn dikasih susu, nanti bisa mencret.
  • zacky June 8, 2011 15:42

    boz klo di mandikan apa boleh atau tidak ..
  • indra May 5, 2011 19:25

    mas saya mw nanya,,,, klw makanan kungkang apa ya,,,,,,,,,,,,,,
  • HIDUP BAHAGIA May 2, 2011 10:24

    aku baru tau kalo kukang/kuskus itu hewan langka mas Mepow. aku udah pelihara 4bln. Bagaimana cara kembalikan dia ke IAR? tadi pagi aku telepon IAR tapi sedang dalam perbaikan. Mohon bantuannya. Lokasi aku di Bogor.
  • ira April 26, 2011 04:28

    kalau mau miara kuskus harus punya fasilitas buat kuskusnya, biar kuskusnya betah.. kuskus kan suka nangkring di pohon yg rindang, tempat yng adem
  • riski April 26, 2011 04:25

    ato ngga kalo mau beli kuskus, di sumbangin ke kebun binatang
  • elya April 26, 2011 04:23

    kayanya kuskus makan buah"han, kaya pisang
  • rezky April 18, 2011 06:22

    kalo kita balikn k alam ,,ntar ttep ja donk d tngkap lgi.. dan skrng alam tmpat kuskus / kukang itu kn udh jarang ,,kmngknan mereka punah kn bsa lbih cpet. knapa kita ngga bikn aja pnangkaran khusus bwt kuskus / kukang .. atw ngga kita ngbiyarn orang" yng bsa breeding kuskus atw kukang ,, dngan gtu kn kita bs ttep ngelestariin kuskus atw kukang.. pemerintah aja ngga pduli tu pohon" tmpt tnggal mreka d tebang ,, yng bukn d pmerintahan msi bnyak yng pduli bwt breeding kuskus / kukang .. knapa hrus kita tolak??
  • boy April 13, 2011 14:23

    kalo kita breeding gmn?
  • fajri April 8, 2011 05:05

    kasiann tuhh nnti klo habis anak cucu kita gk bisa liat tuh yg kaya gmana tuh kukang???
  • fajri April 8, 2011 05:03

    abang please kepada balai konservasi hewan langka tolong proses pedagang gk tau malu di BIP,Bandung di sana banyak tuh kukang . .tolong lebih jeli lagi ada d karung2 tuh kukangnya geledah aja.. ..trimksih...
    • Apis July 1, 2012 13:42

      Yang di BIP kukang dan binatang lainnya dari peternakan,, di kalimantan,,
  • kurniawan March 31, 2011 04:13

    w br beli kukang tp w pelihara layaknya kaya anak w ngg dikandangin malah w bebasin dikamar n w ajarin dia untuk mengetahui tempat makan dia n minum juga tempat dia tidur emang doi suka mojok tp klu dah jam 10 mlm mulai doi jln2 n w gendong seperti anak w pokoknya doi ngg w anggap binatang deh lucu abis soalnya :-)
  • bayuyuda52@yahoo.com March 4, 2011 00:29

    hy yg bgi pelihara binatan yg d lindungi tlonk km kembalikan ke hutan krena klo tdk d kemblikan ia akan tersiksa........dan tdk akan bebas seprti sedia kala...jdi yg bagi merasa pelihara tlonk d lindungi,,,,,,,dan d lepas d tempat'x........?
  • Farijah February 16, 2011 07:35

    Maaf semuanya ... aq baru baca artikel ini setelah tadi pagi saya menemukan hewan yg mirip sama kukang ternyata kuskus... yg saya mau tanyakan apakah: ghe mana cara perawatannya /??? n saya harus kembalikan dy dimana?? takutnya kalaw dihutan lagikan berabe... bisa ditangkep orang lagi... klw di kebun binatang kasian uga. aq udah capek2 nangkep.. aq tangkep karna aq kasian. dy hidup sebatangkara... aq gak ngeliat temen2nya....
  • bociil January 25, 2011 07:02

    gini gan .. ane kan nernak kukang, trus ada kukang betina yg ga bisa melahirkan, pdhal udah ane kawinin sma pejantan laen .. mhon dijawab gan ..
  • vanie January 17, 2011 12:28

    mas...aq baru bli kukang beberapa hari yang lalu...kbtulan blom aq bikinin kandang...truz knpa ya dia selalu diem di pojok tembok,,truz aq ksih makan susah bgt..aq jd kasian ngeliatnya,,aq pengen balikin kukang nya,,tapi aq ga tau harus kmna??? mohon bantuannya,,,aq ga tega liat dia truz diem ja...
    • bociil January 25, 2011 07:06

      kalo ane boleh jawab.. kamu bikin semak" aja dari rumput gajah .. nnti kamu bikin jadi kaya bola.. nnti dia anteng di dalem stu .. ^^
  • radenmas ijal October 11, 2010 06:36

    abang.. saya punya kukang nhe cw.. da yg punya laki ga?? kita kawinin yukk ...
  • dea September 27, 2010 17:29

    perawatanx sehari skali paling ga lu mandiin biar ga asem.. penyakit tergantung lu dah vaksin pa belum makananx buah,lu kasi madu jg lebih dooyan en jinak,lebih2 susu dech
  • Vigee August 25, 2010 20:19

    W bru aja beli kukang...kata pedangnya itu kuskus...tp stlh w searching di google,w bru tau yg w beli itu kukang... 'n w jg br tau kl kukang dilindungin... So,w pgn bgt kasiin kukang w utk dibudidayakan..tp ke pihak yg berwenang spt I.A.R...
  • Yani July 31, 2010 02:49

    Mas Mepow, Sy mo tanya, ijin pemeliharaan kuskus gimana caranya? bisa minta penjelasan ga ? thanks ya.
  • Kedoya June 3, 2010 18:45

    Mau tnya kukang warnya nya kan coklat y. Klo udh gede bsa brubah putih gk
    • cemong June 4, 2010 16:23

      ga bisa warnanya ya tetep seperti yang digambar tuh
  • anna February 14, 2010 11:29

    Dear pemilik Blog, adik saya baru saja nemu kukang di atas pohon di tidak jauh dari rumah Kemungkinan besar bekas piaraan orang yang lepas. Saya paham bahwa binatang ini adalah endangered and dilindungi. Saya merasa dilema: -dilepaskan, takut gak survive atau malah ditembak atau kembali diambil orang. - diserahkan ke kebun binatang, saya TIDAK TERLALU SETUJU dg kebun binatang. Bagi saya kebun binatang ikut berkontribusi dalam menciptakan hilangnya per-kebinatangan. Safari lebih mungkin. Apa yg harus saya lakukan? Oh iya, saya tinggal di kawasan dekat Kaliurang (merapi volcano).thanks
    • MEPOW Admin February 14, 2010 11:43

      lokasi tepatnya dimana Anna?? sapa tau kita bisa bantu seperti punyanya mas adrian yang bisa kita serahkan ke International animal rescue agar bisa dirawat ditempat yang tepat untuk nantinya dilepas-liarkan kembali ke habitat aslinya. Beritanya ada silahkan baca disini (klik)
      • anna February 14, 2010 11:54

        Thanks for teh speedy reply. Sy sdh baca soal Adrian. Senang bahwa ada jg jg teman2 yg konsern soal kelestarian kukang. Alamat saya di Ngaglik, Jl. Kaliurang km13, Sleman, yogyakarta. you can contact me at: marsiana.anna@yahoo.com Thanks lots, Anna
        • al.fauzy91@yahoo.co.id March 6, 2012 03:14

          alam kenal..... saya mempunya kukang dengan warna merah..... bagi yang berminat boleh hubungi saya no hp:0812674894048
  • Riza Adrian January 12, 2010 14:35

    Halo Mas, saya punya Kukang di rumah, baru beberapa hari ini, ditangkep sama pembantu di rumah karena nyasar nangkring di batang pisang sebelah rumah. Saya mau bebaskan atau disalurkan ke perlindungan hewan saja, gimana caranya?
  • anggia December 31, 2009 09:48

    yah............................................. klo aku mw blikin dia kehutan bisa atau tidak...... atau di salurkan ke pelindungan hewan satwa........
    • MEPOW Admin January 1, 2010 05:53

      Anggia alamat dimana, ntar aku suruh temen2 perlindungan satwa untuk membantu kalu anggia mau berniat baik menyelamatkannya, Contoh yang baik buat masyarakat indonesia yang masih suka memelihara hewan langka... Salut!!
      • endrian March 16, 2010 16:50

        permisi mas saya mau tanya. saya punya satu ekor kukang yang berusia masih muda. saya memeliharanya sejak masih bayi. sekarang umur kukang tersebut kurang lebih masih berumur 7 bulan. jenis kelamin kukang tersebut laki2. kapan yah kukang tersebut merasa ingin kawin??? saya kasihan sama dya. kepikiran ce ingin membeli satu ekor kukang perempuan lagi. tapi setelah saya pikir2 kukang kan dilindungi. saya bingung. saya ingin memberikannya ke tempat perlindungan hewan tapi saya sudah terlanjur terbiasa dengan dya. saya udah terlanjur bersahabat dengan dia. gmana yah mas??? ada solusi gak???
        • endrian March 17, 2010 16:18

          sedikit cerita mas. kukang tersebut saya tempatkan di kandang yang cukup sederhana mas. dan kandangnya pun saya letakkan di dalam kamar tidur saya. walaupun tidak ada pepohonan di dalam kandang tersebut namun di dalam kandang tersebut terdapat pipa untuk dia bergelantungan, bulatan plastik untuk dia bermain dan saya buatkan dia sebuah ayunan dari kain, untuk dia tidur. dan botol minum, seperti botol minum untuk hamster. sepertinya kukang tersebut nyaman dengan kandangnya. anehnya kukang tersebut tidur dengan cara celentang atau seperti biasa kita tidur, dan cara dia minum pun sama dengan cara hamster minum mas. langsung dari botol minumnya. saya baca dari artikel bahwa kukang minum tidak dapat langsung minum dari sumbernya, namun dengan cara diambil dari tangannya dan tangan tersebut di jilatinnya. kukang tersebut juga aktif di siang hari.. bukan hanya aktif dimalam hari saja. kedua2nya seimbang. padahal saya tidak pernah mengexplor kukang tersebut untuk aktif di siang hari. karna saya tahu kukang itu adalah hewan yang aktif di malam hari. pokonya binatang yang satu ini sudah seperti kluarga sendiri bagi kluarga saya. dia sangat bersahabat sekali. bahkan sampai di pakaikan baju dan celana oleh pacar saya. hehehe... walau kadang mama saya marah2, katanya kasihan, takut kukang tersebut merasa risih. ketika saya pergi keluar kota, dia selalu ikut dengan saya ataupun keluarga saya. bahkan sampai tidur siang pun kadang kita sama2.. dia tidur di tangan saya mas.. hhe.. oh ia mau tnya donk mas.. kenapa iaa, kukang yang saya pelihara itu sering sekali menggaruk2kan gigi depannya ke kulit tangan saya, ketika saya mengelus2 dan menggaruk2 di dahi dan ketiak kukang tersebut?? apakah iaa juga sama ingin bermain2/bercanda dengan saya?? atau ada hal lain?? dan satu lagi. apakah kukang membawa penyakit mas??? saya pernah dengar katanya kukang itu membawa penyakit.. klo memng bnar berarti saya dan keluarga saya harus berhati2 niihh... hemm.. malah jadi curhat gini neyh,, thanxs mepow...
  • anggia December 31, 2009 04:03

    berarti kukang ga minum dari air dung… soal nya aku kasih dia air,mlh ga di minum…. tpi di tumpahin……. ntr klo mati karena kehausan gmn…. hiks..hiks… aku mw tanya….. klo aku pke kndang kucing anggora.. cukup ga buat bdan nya alex(kukangku)
    • MEPOW Admin December 31, 2009 06:56

      kukang kanhidupnyadi diatas pohonbukan didarat, kalau maupake kandang yang besar jadibisa dikasihpohon didalamnya... Kalu kemungkinan mati sangat besar karena hewan ini memang bukan untuk dipelihara.
    • dea September 27, 2010 17:31

      cba dech lu kasi susu en teh,pasti dya maw bnget..... jgn lupa di bawa ke dokter jg yach
  • anggia December 29, 2009 10:18

    aku baru beli kukang ni.... and pertanyaan ku sama kaya yose_reza.... tolong di jawab ya.
    • do2 May 21, 2011 18:02

      saya benar2 bingung, saudara saya menemukan kukang tadi malam. setelah searching mengenai kukang ternyata. hewan dilindungi.... tapi setelah ditelusuri lebih dalam.... ternyata banyak dijual di pasar gelap (walaupun jualnya terang2an). tambah bingung ketika ingin dikembalikan ke alam bebas... tapi dijakarta mana ada alam bebas.... walaupun dilepas itu hewan bakalan ada yg ngambil lagi....... sekarang akhirnya kukang itu ditaruh di alam buatan bersama burung2... lumayan tempatnya cukup besar juga..... mungkin ini hal yg terbaik mnurut saya.... dan yg sya mau tanya.... bagaimana mendapatkan surat ijinnya...??? terima kasih untuk jawabannya....
  • Erica December 19, 2009 11:58

    Yah..aq bru tw klo kukang hwan dlindungi,aq td beli d pinggir jln..tp kn smua hwan perlu qt dilindungi.. Bkn bgt??
  • aku December 15, 2009 03:40

    ada lagi,kuskus mirip kuskus...kukang mirip yg nulis ..hehehe...becanda bro...piisssssss
  • sapta December 10, 2009 14:51

    eh q... mo nnya tu hewan{kus2]heheh gigit gk sie gw pkir mningan miara cats or dog
  • anthony November 13, 2009 09:54

    kus2 mkanan seranga pling duyan bllang ma jangkrik. pisang uga mau..aq plihara 1 srimg kabur tapi balik lag kkndang lucu dch...
  • ako daeyko September 13, 2009 04:07

    Sebaiknya kuskus jangan lah dipelihara,, kasian dia hewan langka. saya sering liat kuskus di jual bebas d pasar gelap jakarta. Tp biar pun pasar gelap, tp jualannya itu d pinggir jalan dan sangat blak-blakan. Sy jg sempat nego dngn pdgangnya, hanya dengan 50rb hewan itu bs di bawa pulang..
    • Nova September 30, 2009 04:02

      Enk aj,, aq bli 250rb tau . . . lucu dh wrnanya kuning, kya wrna kesukaan aq. . . Oh ya mkanan nya ap aj sh ???
      • bunda zahwa November 9, 2009 03:28

        nyarinya dimana sih?? anakku nyari binatang peliharaan..sepertinya kus2 aman untuk balita...
        • adang March 3, 2010 07:49

          dit4ku banyak... mau kah
          • kail March 3, 2010 09:20

            Adang, aku mau dunk, ditempatmu harganya berapa? bisa nyetok berapa ekor?
          • Ifah SeLsy July 7, 2013 10:38

            eh? daerah mna u? mau donk
      • radit April 12, 2012 02:29

        hay sob gw eja gionino...setau gw mkanya buah2 han ,sperti pisang semangka dll..gw jga pnya dirumah stu,,setiap gw syuting gw bwa trus sob,
      • sukhom November 17, 2012 18:45

        di pramuka cepe,gw br beli. mknannya buah2an pisang n pepaya
  • wawan August 22, 2009 16:03

    kirimin video hewan animal kuskus
  • miftah July 2, 2009 04:14

    Dulu aq piara kuskus belinya di depan pintu masuk kebun raya bogor...lucu bangt eh... ada yang ngambil alias nyolong gitu...tetangga ku, bilangnya mah dia beli..tapi pas aq liat n aq pegang karena punya aq dia jinak ma aq. namanya juga tetangga oh.. tetangga karena dia g bisa ngurusnya truss mati deh aq sedih banget.
    • joenathan July 3, 2009 08:39

      makanya mending jangan pelihara, kan kasihan tu,, coba kalu kalian yang di kurung ga ditempat aslinya, pasti ga enak,,, Palagi sampe mati,, adduuuuuuuuhhhhhhhhhhh.. Kuskus ma kukang kan dilindungi, ayo selamatkan,, jangan pelihara lagi.... Pak polisi tangkap tu para pedagang satwa dilindungi
    • Gabriella Egina Hanjoyo May 7, 2013 01:31

      GIMANA SIH KUKANG KAN HARUS DIPELIHARA BUKAN DIMATIIN
  • nhiya June 30, 2009 10:03

    q kra,,hewan eank q plihara it kus-kus eh trnyata q zlah,,,hHa trnyata kukang,,,,warnanya item,,,luchu...
    • rhoni June 30, 2009 14:28

      waaahhhhhhh jangan dipeligara dunk, itu kan satwa dilindungi, dibalikin ke alam ajaaa... oiya emang ada kukang warnanya item, kayaknya bukan kukang dech... Salam damai, salam lestari untuk bumi
  • suharno May 6, 2009 04:03

    lucu ... yah hewan yg satu ini cool & cute.... lestarikan --- lestarikan...lestarikan.... lestari kan tetangga gw....
  • rahmadi April 4, 2009 06:14

    lucu-lucu yah... sayang dah mau habis dijual....
    • adit November 8, 2011 02:54

      gw pnya tuuh mau gg byarin
      • nanay October 16, 2012 09:38

        saya juga ada dirumah ,,, mau dilepas mas
        • nandest cool November 5, 2012 05:13

          knp dilepas? klo udh bosen biar sya yg rawat
        • mimi September 7, 2013 09:42

          Still abailable ?
Translate »
Skip to toolbar