082137355566
info@mepow.net

Saraba Teman Penghangat Malam

Saraba

Tidak akan ada yang menyangsikan ragam makanan dan minuman di negara tercinta kita Indonesia ini. Ribuan ragam menu masakan dan minuman tersebar dari Sabang sampai Merauke. Kali ini MePow akan memberikan informasi tentang salah satu minuman khas Indonesia yaitu Saraba. Minuman tradisional (minuman khas) ini banyak ditemukan di Indonesia bagian utara, di seputaran pulau Sulawesi dan sekitarnya.

Saraba adalah nama jenis minuman yang sudah sangat terkenal dan banyak tersedia di wilayah Sulawesi. Minuman berbahan dasar jahe ini sangat cocok untuk menghangatkan tubuh pada saat cuaca dingin. Minuman ini memiliki rasa yang hampir sama dengan STMJ dan wedang jahe, memiliki rasa yang pedas dari jahe dan juga memiliki rasa yang segar. Selain jahe, biasanya minuman ini dipadukan dengan susu kental manis agar rasanya semakin nikmat.

Baca juga : Ayam geprek makanan khas Jogja

Agar lebih mudah membayangkan minuman ini, maka kita dapat membayangkan minuman STMJ (Susu Telur Madu Jahe) yang pasti sudah kita kenal. Secara umum perbedaan minuman ini dengan STMJ adalah apabila STMJ terdiri dari susu, telur, madu, dan jahe maka pada saraba diberi tambahan santan. Santan disini digunakan untuk menggantikan madu yang ada pada STMJ. Minuman ini berasa manis karena didalamnya ada gula merah yang digerus halus, sehingga memiliki rasa manis yang khas. Saraba tidak hanya dikenal sebagai minuman penghangat badan saja, tetapi minuman ini juga dipercaya sebagai minuman pembangkit stamina serta menghilangkan atau mengobati masuk angin.

Saraba yang sering kita jumpai dikemas dalam botol-botol plastik dengan ukuran 250 ml dan dijual dengan harga kisaran Rp 25.000. Selain dijual dalam botol-botol plastik minuman ini juga umum dijual diwarung-warung pinggir pantai yang akan menemani kita melewati malam bersama sahabat. Minuman ini biasanya ditemani dengan pisang goreng dan sambal yang akan menambah nikmat suasana malam kita. Enaknya minuman ini tentu membuat kita ingin menikmatinya dimanapun kita berada, sayangnya minuman ini masih sulit untuk dijumpai diluar Sulawesi. Tapi jangan khawatir, kali ini MePow akan berbagi cara membuat Saraba agar kita bisa menikmatinya kapan saja dan dimana saja.

Baca juga : Sengsu “oseng-oseng asu” ada di Jogja

Cara Membuat Saraba

Bahan- bahan:

  • 500 ml santan
  • 100 gram gula aren
  • 200 gram jahe merah
  • 5 buah cengkeh
  • 3 cm kayumanis
  • 1 lembar daun pandan
  • ½ sdt garam
  • 1 sdm susu kental manis

Cara Mengolah

  1. Bakar jahe, kupas dan memarkan.
  2. Rebus santan, jahe, cengkeh, kayu manis dan daun pandan sambil diaduk sesekali hingga mendidih.
  3. Tambahkan gula aren dan garam. Aduk hingga gula larut dan didih. Angkat dan saring.
  4. Tambahkan susu kental manis.
  5. Aduk dan Saraba siap dinikmati.

 

Respond For " Saraba Teman Penghangat Malam "

Translate »
Skip to toolbar